DetikNews
Rabu 13 September 2017, 13:12 WIB

Delapan Daerah di Jabar Siaga Darurat Kekeringan

Mochamad Solehudin - detikNews
Delapan Daerah di Jabar Siaga Darurat Kekeringan Sawah mengalami kekeringan di Kabupaten Bandung. (Foto: Wisma Putra/detik.com)
Bandung - Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menyebut delapan kabupaten dan kota di wilayahnya siaga darurat kekeringan. Situasi tersebut terjadi karena dampak musim kemarau.

Delapan daerah ini sudah lebih 60 hari tidak diguyur hujan sehingga mengalami kekeringan cukup parah dibanding wilayah lainnya. "Darurat kekeringan mungkin di beberapa daerah saja. Darurat itu di Ciamis, Cianjur, Indramayu, Karawang, Kuningan, Sukabumi, Banjar dan Tasikmalaya," kata Aher, sapaan Heryawan, di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (13/9/2017).

Secara umum, menurut Aher, kondisi kekeringan di Jabar relatif biasa. Hanya beberapa daerah saja mengalami kekeringan hingga dinyatakan status siaga darurat.

"Kekeringan di Jabar biasa. Karena (musim) kemaraunya biasa-biasa juga. Tidak ada hujan lebih dari 60 hari hanya di beberapa tempat. Di semua tempat masih di bawah 60 hari," tuturnya.

Selain itu, Aher menambahkan, dari laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan pada September nanti di Jabar memasuki musim hujan.

"Dari laporan BMKG, akhir September sudah hujan," katanya.

Pemprov Jabar telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi untuk membantu daerah yang mengalami kekeringan. Salah satunya yaitu menyampaikan dampak kekeringan di Jabar kepada pemerintah pusat.

"Kita laporkan ke pusat. Biasanya suka ada bantuan. Terus kita juga mendapat arahan dari Presiden untuk antisipasi dan segera selesaikan masalah kekeringan ini. Untuk air bersih kita kerja sama dengan PDAM dan upaya lainnya," ujar Aher.
(bbn/bbn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed