DetikNews
Rabu 13 September 2017, 12:13 WIB

Begini Mudahnya Sewa Sepeda 'Boseh' di Kota Bandung

Tri Ispranoto - detikNews
Begini Mudahnya Sewa Sepeda Boseh di Kota Bandung Boseh, penyewaan sepeda di Bandung (Foto: Tri Ispranoto)
Bandung - Pemkot Bandung sejak beberapa bulan lalu telah melakukan uji coba terhadap program penyewaan sepeda bernama Bike On The Street Everybody Happy (Boseh).

Untuk menyewa satu unit sepeda yang berada di sejumlah titik keraiaman dan tempat wisata di Kota Bandung ini cukup mudah. Pertama penyewa harus memiliki kartu yang dibeli dari halte registrasi seperti yang berada Taman Cibeunying, Alun-alun Kota Bandung, Graha Pos Banda dan Jalan Cipaganti.

Petugas registrasi di Taman Cibeunying Asri Suci (22) mengatakan, saat ini kartu tersebut sedang kosong. Sehingga bagi masyarakat yang akan menyewa harus mengikuti prosedur manual dengan jaminan kartu identitas.

"Untuk proses manual syaratnya cukup jaminan e-KTP atau kartu pelajar. Khusus pelajar Senin-Jumat harus pakai seragam. Boleh warga Kota Bandung boleh juga dari luar," ujarnya kepada detikcom, Rabu (13/9/2017).

Baca Juga: Mau Bersepeda Tapi Enggak Punya? Datang Saja ke Halte Boseh Bandung

Bagi yang sudah memiliki kartu, tinggal menuju sebuah alat berupa boks berwarna biru yang berada di setiap halte untuk melakukan proses peminjaman. Penyewa tinggal menempelkan kartu di alat tersebut dan memasukan nomor pin masing-masing.

Selanjutnya penyewa tinggal pilih pengaturan 'pinjam sepeda' dan memilih sepeda mana yang akan digunakan. Setelah itu secara otomatis kunci yang berada di dok sepeda akan terbuka sesuai dengan pilihan penyewa.

"Nanti kalau sudah selesai sepedanya di masukan lagi ke dok. Dan jangan lupa tempel kartu lagi di boks dan pilih tulisan kembalikan. Nanti sepeda akan terkunci lagi," kata Asri sambil mempraktikkan cara menyewa.

[Gambas:Video 20detik]


Asri mengatakan bagi penyewa manual harus mengembalikan sepeda ke tempat awal. Namun bagi yang telah memiliki kartu bisa mengembalikan sepeda di shelter mana saja.

Karena saat ini Boseh masih dalam tahap uji coba maka penyewa masih bisa menikmatinya secara gratis namun terbatas hanya satu jam. Ke depan program ini akan berbayar dengan tarif sewa Rp 1.000 per jam dan Rp 2.000 untuk satu jam selanjutnya.

"Informasinya nanti ada biaya sewa dengan sistem top up. Harganya Rp1.000/jam dan sejam selanjutnya Rp2.000. Jadi kalau sewa tiga jam dikenakan biaya Rp5.000," tuturnya.

Meski baru dalam tahap uji coba penyewaan Boseh sudah diminati banyak masyarakat terutama saat akhir pekan untuk keperluan olahraga dan berwisata. "Kalau hari biasa paling sedikit tiga atau lima penyewa. Kalau libur bisa sampai 20 orangan," ujar Asri.
(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed