Ini Markas CCTV 'Bersuara' yang Tegur Pelanggar Lalin di Bandung

Tri Ispranoto - detikNews
Senin, 11 Sep 2017 20:29 WIB
Markas CCTV 'Bersuara' yang Tegur Pelanggar Lalin di Bandung (Foto: Tri Ispranoto)
Bandung - Sejumlah persimpangan jalan di Bandung kini bisa 'bersuara'. CCTV yang dipasang juga dipantau oleh operator yang bisa menegur pengendara bandel.

Baca Juga: Operator CCTV 'Bersuara' di Bandung Kerap Diejek Pelanggar Lalin

detikcom berkesempatan mengunjungi 'dapur' CCTV Dishub Kota Bandung di Ruang Area Traffic Control System (ATCS) di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Senin (11/9/2017).
Operator CCTVOperator CCTV Foto: Tri Ispranoto
Di tempat ini terdapat sejumlah komputer dan dua layar berukuran besar yang memperlihatkan kondisi lalu lintas di Kota Bandung. Seluruh peralatan canggih itu dikendalikan oleh empat hingga lima orang operator yang bertugas secara bergantian setiap harinya mulai pukul 6.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Para operator membagi tugas untuk memantau sejumlah titik persimpangan atau setopan yang telah dipasang CCTV dan alat pengeras suara. Jika ada pengendara yang melanggar lalu lintas, petugas tak segan langsung melakukan teguran.

Baca Juga: Heboh Video Pelanggar Lalin Terkejut Ditegur Suara Petugas CCTV

Mereka secara bergantian memberikan imbauan dan teguran pada para pengendara. Seperti tidak melebih garis putih hingga menegur para biker yang tidak menggunakan helm.
Saat ini terpasang 136 CCTV di beberapa lampu merah. Kamera pemantau itu dikendalikan 10 petugas.Saat ini terpasang 136 CCTV di beberapa lampu merah. Kamera pemantau itu dikendalikan 10 petugas. Foto: Tri Ispranoto
Bagi pelanggar jangan coba-coba tidak mematuhi teguran dari operator. Sebab CCTV bisa zoom hingga menyorot wajah pengendara atau plat nomor kendaraan. Bahkan operator tak segan mengunggah tangkapan layar pelanggar ke akun media sosial instagram atcs.kotabandung atau twitter @atcsbandung.

Saat ini tedapat 132 CCTV yang dilengkapi pengeras suara yang tersebar di sejumlah titik. Seperti sepanjang persimpangan Jalan Soekarno Hatta, Jalan LL RE Martadinata (Riau), Jalan Pasteur dan Jalan Cihampelas.

[Gambas:Video 20detik]

(avi/avi)