detikNews
Jumat 08 September 2017, 12:18 WIB

Potret Antapani, Kawasan Bandung yang Paling Bahagia Kata Ridwan Kamil

Tri Ispranoto - detikNews
Potret Antapani, Kawasan Bandung yang Paling Bahagia Kata Ridwan Kamil Jembatan Pelangi yang menjadi ikon kawasan Antapani (Foto: Tri Ispranoto)
Bandung - Pemkot Bandung merilis hasil survei indeks kebahagiaan warganya. Dari hasil survei terungkap jika warga Kecamatan Antapani paling bahagia sementara Kecamatan Andir adalah yang paling tidak bahagia.

Antapani merupakan sebuah wilayah pemekaran yang diresmikan pada 14 April 2007 oleh Dada Rosada yang saat itu menjabat sebagai wali kota. Saat ini daerah yang memiliki luas sekitar 4,01 KM itu memiliki empat kelurahan.

Dari segi wilayah, mayoritas lingkungan Antapani adalah komplek perumahan. Berbeda dengan kawasan lain di Kota Bandung yang merupakan pemukiman biasa. Hampir seluruh nama jalan di tempat ini menggunakan nama-nama daerah di Jawa Barat seperti Jalan Subang, Jalan Purwakarta, hingga Jalan Jakarta.

Dulunya Antapani dikenal sebagai salah satu kawasan perumahan orang-orang menengah ke atas. Sehingga rumah bertingkat dan terkesan mewah dapat dengan mudah ditemukan di kawasan ini. Meski begitu, pemukiman biasa juga tetap ada namun cukup tertata.
Pemukiman di AntapaniPemukiman di Antapani (Foto: Tri Ispranoto)

Kawasan Antapani sendiri terbelah oleh Jalan Terusan Jakarta yang merupakan jalan utama. Hanya terdapat satu angkot yang melayani warga setiap harinya yaitu Antapani-Ciroyom. Bagi warga yang tak terlewati angkot biasanya menggunakan jasa ojek pangkalan yang mangkal di setiap sudut jalan.
Terminal Antapani Terminal Antapani Foto: Tri Ispranoto

Setiap daerah di Antapani memiliki cukup ruang terbuka untuk kegiatan warga. Khusus kegiatan bersifat massal terdapat satu tempat bernama Lapangan Gasmin atau Gasibu Mini yang biasa digunakan.

Sebagai kawasan yang cukup padat penduduk, Antapani memiliki beragam fasilitas. Bahkan di hampir setiap sudut terdapat tempat berbelanja modern berskala kecil hingga besar. Tak hanya itu di beberapa tempat dapat dengan mudah di temukan deretan ruko yang menjual kebutuhan sandang pangan dan papan.
Lapangan Gasibu Mini (Gasmin)Lapangan Gasibu Mini (Gasmin) Foto: Tri Ispranoto

Bagi dunia musik Indonesia nama Antapani banyak dikenal masyarakat. Salah satunya karena di tempat ini lahir band papan atas yang saat itu bernama Peterpan. Konon nama band besutan Ariel CS ini juga adalah sebuah singkatan yang berarti Pemuda Terminal Antapani.

Di balik itu semua beberapa hal yang kerap dikeluhkan warga Antapani adalah soal sulitnya air bersih dan juga kemacetan. Satu-satunya simpul kemacetan di wilayah ini adalah perempatan Jalan Jakarta-Jalan Kiaracondong. Belum lama ini pemerintah membangun sebuah jembatan layang sebagai solusi kemacetan. Hasilnya, kemacetan cukup terurai.

Baca Juga: Ini Kata Warga Antapani yang Disebut Paling Bahagia Oleh Ridwan Kamil

Sementara dari segi keamanan Antapani terbilang aman. Meski beberapa kejadian seperti pencurian di dalam rumah, penjambretan, pembunuhan, hingga penangkapan terduga teroris beberapa waktu lalu juga pernah terjadi di Antapani.
(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com