DetikNews
Kamis 07 September 2017, 09:16 WIB

Polwan di Polres Bandung Ini Raih Dua Medali Emas Kapolri Cup

Wisma Putra - detikNews
Polwan di Polres Bandung Ini Raih Dua Medali Emas Kapolri Cup Foto: Wisma Putra
Bandung - Cukup jarang perempuan yang menggeluti olahraga bela diri, biasanya olahraga tersebut digandrungi kaum lelaki. Apalagi bisa menjadi salah seorang atlet berprestasi itu merupakan suatu pencapaian yang luar biasa.

Bripda Kartika Dewi (23), Polwan Anggota Unit PPA Reskrim Polres Bandung salahsatu srikandi yang memiliki segudang prestasi di bidang olahraga judo. Olahraga tersebut sudah akrab sejak usianya masih kecil.

Kartika mengatakan tanpa judo ia tidak akan menjadi anggota Polisi dan tanpa judo ia tidak akan sukses seperti saat ini. Sebab ayahnya pun Kompol Heri Cahyono seorang anggota Polri yang menjadi seorang pelatih judo di Scapa Sukabumi banyak mengajarkannya

Karier Kartika sebagai pejudo dimulai sejak ia masih duduk di kelas tiga sekolah menengah pertama di SMP 9 Kota Sukabumi, dilanjut di SMA 4 Kota Sukabumi dan di Jurusan FPOK Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

"Awal mula, dulu enggak suka pas kelas 3 SMP coba ikut latihan, terus tanding pertama menang ke sana jadi suka," kata Kartika kepada detikcom di Mapolres Bandung, Rabu (6/9/2017).

Kartika mengungkapkan sebelum menjadi anggota Polisi, ia pernah berkuliah di UPI sampai lima semester. Jika di Sukabumi ia berlatih bersama ayahnya, di Bandung ia berlatih judo di Gor Padjajaran bersama teman-temannya sesama atlet judo.

Prestasi terakhir yang ia raih adalah Kejuaraan Kapolri Cup 2017. Pada kejuaraan tersebut Kartika berhasil menyabet dua medali emas dan piagam pejudo terbaik yang diterimanya langsung dari Kapolri Jendral Tito Karnavian.

"Saya dapat medali emas di kategori 70 kg Polri, beregu Putri Polri dan pejudo terbaik," ungkapnya.

Selain medali emas, medali perak dan perunggu banyak didapatkannya dari berbagai kejuaraan daerah dan nasional, di antaranya Porda, Kejurda, Kerjurnas Mahasiswa se Indonesia, Kartika Cup TNI dan Kapolri Cup.

Kartika menuturkan ia tidak menyangka dan merasa bangga bisa mendapatkan dua medali emas dan gelar sebagai pejudo terbaik. Pasalnya, bukan hanya dengan sesama anggota Polri ia bertanding melainkan dengan anggota TNI dan umum.

"Pesertanya banyak sampai ribuan orang. Ini merupakan kebanggaan bagi saya, keluarga, Polres Bandung dan Polda Jabar," tuturnya.

Untuk menjadi atlet yang sukses dibutuhkan latihan yang ketat dan teratur. Kartika mengakui siapapun bisa menjadi atlet sukses asalkan ada kemauan dan serius melakoninya.

Semenjak menjadi anggota Polisi, ia pun harus berbagi waktu seketat mungkin antara pekerjaan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan latihan judo. "Dulu pas mahasiswa latihan bisa setiap hari, tapi sekarang pas kadi anggota Polisi latihannya seminggu dua kali," ujarnya.

Tidak berhenti sampai Kapolri Cup, misinya ke depan bisa mengikuti kejuaraan judo tingkat internasional. "Harapan ke depan saya ingin ikut Sea Games dan Asian Games. Amin, mudah-mudahan impian dapat tercapai. Selain itu saya juga berterimakasih kepada Kapolres Bandung dan Kapolda Jabar yang banyak memberikan support," ucapnya.

Polwan di Polres Bandung Ini Raih Dua Medali Emas Kapolri CupFoto: Wisma Putra


Selain Bripda Kartika, pada kejuaraan Judo Kapolri Cup 2017, anggota Polwan Satlantas Polres Bandung Bripda Ajeng Triya Prianggi berhasil merebut medali perak.

Sama halnya dengan Kartika, sebagai anggota Polisi ia pun harus berbagi waktu latihan, namun tugas Kepolisian tidak terabaikan. "Tugas di Kepolisian lebih penting, joging latihan fisik, performa dan stamina harus tetap terjaga," pungkasnya.


(ern/ern)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed