DetikNews
Sabtu 02 September 2017, 22:29 WIB

Dinkes Sukabumi Tetapkan KLB Keracunan Sate Kambing di Cicurug

Syahdan Alamsyah - detikNews
Dinkes Sukabumi Tetapkan KLB Keracunan Sate Kambing di Cicurug Foto: Syahdan Alamsyah
Sukabumi - Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi menetapkan keracunan makanan usai menyantap sate kambing kurban di dua kampung Desa Kutajaya Kecamatan Cicurug sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). Biaya pengobatan pasien ditanggung pemerintah. Saat ini ini jumlah korban mencapai 36 orang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sukabumi Harun menyebut kasus keracunan ini ditetapkan sebagai KLB karena banyak memakan korban. "Kita tetapkan KLB, seluruh biaya ditanggung oleh Pemkab Sukabumi, saat ini kita fokus ke penanganan lebih dulu agar maksimal," singkat Harun.

Baca juga: Enam Balita Ikut Jadi Korban Keracunan Sate Kambing di Cicurug

Sementara itu Kepala UPTD Puskesmas Cicurug dr Teddi Mulyadi menyebut dari 36 orang korban keracunan hanya tersisa 14 orang lagi yang masih dirawat di puskesmas. Tujuh orang dirujuk ke RS, sementara sisanya sudah pulang. "Kita lakukan tindakan medis infus antibiotik, obat pencahar dan obat panas," ungkap Teddi.

Menurut Teddi hingga saat ini belum diketahui penyebab keracunan warga karena masih menunggu hasil pemeriksaan dari laboratorium. "Dugaan sementara dari makanan sate. Namun apakah dari daging, bumbu, atau lainnya belum bisa dipastikan. Sampelnya sudah kami bawa untuk memastikan penyebab keracunan," lanjut dia.

Sementara itu, Ramdani (33) salah seorang korban keracunan menyebut sate kambing yang dimakannya hasil pembagian daging kurban. Warga kemudian mengolahnya menjadi sate dan memakannya beramai-ramai.

"Diolah menjadi sate kemudian makan ramai-ramai, baru sekitar pukul 03.00 WIB kerasa mual-mual. Saya akhirnya dibawa keluarga ke puskesmas, ternyata di situ sudah sudah banyak warga lainnya yang keracunan," ungkapnya.

Dari 36 warga yang mengalami keracunan 7 korban di antaranya dirujuk ke RS Bakti Medicare karena kondisinya tidak kunjung membaik. 7 orang tersebut antara lain ;

1. Naufal Jiwo (4,5 Tahun).

2. Damar Pradifta (2 Tahun).

3. Aura Rindu K (9 Tahun).

4. Putri (15 Tahun).

5. Sri Mulyani (32 Tahun).

6. Rudianto (35 Tahun).

7. Herlina (42 Tahun).
(ern/ern)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed