DetikNews
Kamis 31 Agustus 2017, 12:33 WIB

Selly Gantina Resmi Jadi Wabup Cirebon Gantikan Gotas

Sudirman Wamad - detikNews
Selly Gantina Resmi Jadi Wabup Cirebon Gantikan Gotas Foto: Sudirman Wamad
Cirebon - Mantan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Selly Andriany Gantina resmi menggantikan Soemadi Tasiya alias Gotas sebagai Wabup Cirebon.

Terpilihnya Selly menjadi Wabup Cirebon ternyata mencatatkan sejarah. Selly merupakan wanita pertama yang menduduki kursi legislatif. Terpilihnya Selly menjadi angin segar bagi kaum hawa untuk terus memperjuangkan kesamaan gender di Kabupaten Cirebon.

"Terimakasih untuk semua elemen yang telah memberikan kepercayaan kepada saya. Ini amanah, mudah-mudahan saya bisa lebih bertanggung jawab. Minta doa ya," kata Wabup Cirebon terpilih, Selly Andriany Gantina kepada wartawan usai Rapat Paripurna Pemilihan Wakil Bupati Cirebon di kantor DPRD Kabupaten Cirebon, Kamis (31/8/2017).

Untuk gebrakan awal, dikatakan Selly, terlebih dahulu fikus pada koordinasi dengan bupati, legislatif, dan seluruh intansi. Hal tersebut dilakukan agar setiap langkah yang ia ambil tak bersebrangan dengan Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra. "Jabatan yang saya emban ini tentunya hasil perjuangan dari PDI Perjuangan, terutama Pak Gotas," katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, Hj Yuningsih mengapresiasi terpilihnya Selly sebagai Wabup Cirebon. Selly dinilai mumpuni dan mengetahui permasalahan Cirebon karena pernah menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari dapil Cirebon. Ia juga merasa bangga adanya wakil dari perempuan yang menduduki kursi eksekutif.

"Sehingga jadi imbang, di eksekutif ada wakil dari perempuan. Karena, di Cirebon juga masih banyak permasalahan terkait kekerasan terhadap perempuan. Mudah-mudahan eksekutif dan legislatif seirama menyelesaikan permasalahan perempuan," ucapnya.

Yuningsih juga mengatakan, sambutan pertama Selly terkait isu kekerasan perempuan di Cirebon adlaah mendorong pengesahan raperda penanggulangan kekerasan terhadap perempuan dan anak. Ia juga berharap, kedepannya keterwakilan di legislatif terus bertambah. "Kita jangan sampai jadi pemanis, tapi harus kritis. Selain kuantitas, kualitas juga harus dikedepankan," tandasnya.
Untuk diketahui, dalam pemilihan Wabup Cirebon itu ada dua kandidat, yakni Selly Andiany Gantina dan Fredy Fibrina. Hasil musyawarah dan mufakat seluruh fraksi di DPR Kabupaten Cirebon memutuskan Selly lah yang pantas mengganti Gotas, yang saat ini masih buron aparat kejaksaan dan kepolisian terkaiat korupsi dana bansos.

(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed