DetikNews
Rabu 30 Agustus 2017, 15:12 WIB

Perlintasan Kereta di Kircon dan Cimindi Ditutup Mulai Desember

Tri Ispranoto - detikNews
Perlintasan Kereta di Kircon dan Cimindi Ditutup Mulai Desember Perlintasan kereta api di Kiracondong Bandung. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Dalam waktu tiga bulan ke depan pemerintah berencana menutup secara permanen terhadap dua pintu perlintasan sebidang di Kiaracondong (Kircon), Kota Bandung, dan Cimindi, Kota Cimahi. Tahapan sosialisasi hingga resmi ditutup akan dilakoni pihak terkait.

"Tahapan penutupan permanen akan mulai tiga bulan ke depan," ujar Pelaksana Pada Direktorat Keselamatan Ditjen Perkeretaapian Lilik Moeljaki usai melakukan tinjauan lapangan di perlintasan sebidang, kawasan Kiaracondong, Kota Bandung, Jabar, Rabu (30/8/2017).

Tahapan pertama, kata Lilik, sosialisasi pada 8 September di Cimindi dan 9 September di Kircon. Proses sosialisasi tersebut akan berlangsung selama satu bulan atau berakhir pada 8 dan 9 Oktober 2017.

Baca juga: Lintasan Kereta Api di Kircon Bandung dan Cimahi Bakal Ditutup

Tahapan selanjutnya sosialisasi khusus ke angkutan umum, RT, RW, kelurahan, dan kecamatan setempat yang selama ini bersentuhan langsung dengan perlintasan sebidang yang kelak ditutup. Proses tersebut berlangsung selama satu bulan atau berakhir pada 8 dan 9 November 2017.

"Bulan ketiga (November-Desember) kita uji coba penutupan sebidang selama satu bulan. Dan setiap minggu akan kita evaluasi," katanya.

Lilik mengatakan, setelah penutupan lintas kereta di lokasi itu maka jalurnya dikembalikan seperti awal yakni sebagai drainase. Sebab selama ini perlintasan rel sebidang tertutup dan malah menjadi putaran balik bagi kendaraan umum.

"Makanya ini tahapan sampai Desember. Baru setelah itu penutupan (permanen). Kami lakukan tahapan, sehingga tidak ada kesewenang-wenangan," ujar Lilik.

Ia berharap proses sosialisasi dan penutupan bisa berjalan lancar sehingga keselamatan masyarakat juga penumpang kereta api bisa terjaga.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed