Aher Siapkan Baju Adat Sunda untuk Jokowi di Karnaval Kemerdekaan

Mochamad Solehudin - detikNews
Jumat, 25 Agu 2017 16:19 WIB
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengaku menawarkan sejumlah model pakaian adat Sunda untuk dikenakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Karnaval Kemerdekaan 'Pesona Parahyangan', Sabtu (26/8/2017) besok. Lalu pakaian adat mana yang akan digunakan Presiden Jokowi?

"Saya ada banyak tawaran ke Pak Presiden. Tapi modelnya tentu beliau yang memilih, mau pakaian ada Sunda mana yang akan dipakai," kata pria yang akrab disapa Aher, saat ditemui di Hotel Horison, Kota Bandung, Jumat (25/8/2017).

Aher menyatakan pakaian adat Sunda memang sangat beragam. Mulai pakaian adat Sunda Karawang, Sumedang, Cirebon dan jenis lainnya. Sehingga pihaknya menawarkan beberapa jenis kepada Jokowi untuk digunakan dalam Karnaval Kemerdekaan besok.

"Kan banyak pakaian Sunda itu, ada dari Sumedang, Karawang, Cirebon kan lain lagi. Tapi mirip-miriplah. Jadi menggunakan adat (jenis) manapun bagi presiden dalam berpakaian enggak ada masalah," katanya.

Dia menjelaskan, Karnaval Kemerdekaan 'Pesona Parahyangan' akan dipusatkan di depan Gedung Sate, Kota Bandung dan berakhir di Alun-alun Bandung. Para peserta karnaval nantinya akan memperlihatkan penampilannya di hadapan Jokowi .

"Beliau akan naik panggung kehormatan (di Taman Vanda) dan semua arak-arakan akan melewati panggung kehormatan presiden," ucapnya. (avi/avi)