Polisi Tambah Personel Pengawal Karnaval Kemerdekaan di Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 25 Agu 2017 11:12 WIB
Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo. (Foto: Dony Indra Ramadhan)
Bandung - Polisi mempertebal pengamanan untuk kegiatan Karnaval Kemerdekaan HUT Ke-72 RI yang akan dihadiri Presiden Jokowi. Sebanyak 5.000 personel gabungan TNI dan Polri dikerahkan mengawal kegiatan tersebut.

"Tadi ketika apel kekuatan pasukan ada peningkatan personel untuk pengamanan besok. Totalnya ada 5.000 personel," ujar Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo usai pelaksanaan apel pasukan di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Jabar, Jumat (25/8/2017).

Baca juga: Jelang Karnaval Kemerdekaan, Polisi dan TNI di Bandung Apel Bersama

Hendro mengatakan kekuatan pasukan untuk pengamanan ini berasal dari TNI dan Polri. Masing-masing instansi mengerahkan 2.500 personel.

"Seluruh kekuatan akan mengamankan kedatangan presiden dan kegiatan acaranya," katanya.

Pola pengamanan, menurut Hendro, terbagi di dua objek acara yakni Gedung Sate dan Taman Vanda maupun di seluruh jalur yang akan dilintasi presiden dan peserta karnaval.

Baca juga: Karnaval Kemerdekaan di Bandung Sabtu ini Berlangsung Pukul 14.00 WIB

Untuk dua objek yang rencananya ditempati presiden, sambung Hendro, polisi membuat skema ring. Ada 4 ring yang akan diberlakukan untuk pengamanan tersebut.

"Sementara saat iring-iringan kita pengamanannya pola tirai. Ada 16 titik pengamanan baik di jembatan penyeberangan, gedung tinggi dan perempatan jalan," tutur Hendro.

Sebelumnya polisi menyebut untuk pengamanan kegiatan karnaval, pihaknya mengerahkan 1.300 personel. Kekuatan itu berasal dari instansi polri. (bbn/bbn)