DetikNews
Kamis 24 Agustus 2017, 13:45 WIB

Viral di Medsos, Pendaki di Gunung Guntur Garut Dipalak

Hakim Ghani - detikNews
Viral di Medsos, Pendaki di Gunung Guntur Garut Dipalak Cuplikan video pendaki dipalak di Gunung Guntur (instagram)
Garut - Video pungutan liar (pungli) di Gunung Guntur Garut, Jawa Barat viral di media sosial (medsos). Dalam video tersebut tampak seorang pria tak dikenal menggunakan baju merah menghadang sekelompok pendaki yang akan naik ke puncak gunung.

Video pungli di Gunung Guntur tersebut diunggah oleh salah satu akun Instagram @enopita11 Rabu (23/8/2017). Sang pemilik akun menjelaskan tindakan pungli tersebut terjadi di wilayah akses menuju Gunung Guntur via Citiis.

"Dalam perjalanan menuju Pos 1, kami dihadang oleh seorang laki2 paruh baya (sekitar 40an th) yang menyatakan diri sebagai 'Ketua'. Laki2 tsb minta kami membayar 2.500 per-org," ungkap pemilik akun Instagram @enopita11 dalam caption video tersebut.

Sang pemilik akun juga mengatakan bahwa pria tersebut mengancam dengan menggunakan senjata tajam karena sekelompok pendaki tersebut enggan membayar.

"Karena kami menolak laki2 tsb semakin menjadi2. Dia menghadang dan menarik2 lengan kami sambil mengancam dg senjata tajam golok dan sekop pasir (Bahkan perempuan pun diancam dan ditarik2)," tulisnya.

Seperti dilihat detikcom di akun Instagram @enopita11, Kamis (24/8/2017), sekitar pukul 12.55 WIB, video berdurasi 33 detik itu sudah ditonton oleh 2.485 pengguna Instagram dan mendapatkan like 206. Dalam video itu, salah seorang pendaki juga berkomentar.

"Ini pungli nih, sampe mau dipukul, jelas-jelas udah dijelasin gak ada simaksi satu bulan ini kok masih ada pungli ya," ungkap salah seorang pendaki dalam video tersebut.

Video ini pun sontak mengundang banyak komentar dari pengguna Instagram yang lain. "Trus akhirnya gmna itu mbak? Apa smpean dn temen" ngasih uang ? Infonya dong" tulis akun @bofyprayudha dalam kolom komentar postingan tersebut.

[Gambas:Instagram]


(avi/avi)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed