Ridwan Kamil Imbau Tak Pakai Kendaraan Pribadi ke Karnaval Kemerdekaan

Mukhlis Dinillah - detikNews
Kamis, 24 Agu 2017 12:52 WIB
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengajak warga ikut menyemarakkan Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan yang akan berlangsung pada Sabtu 26 Agustus 2017. Warga Kota Bandung diimbau tidak menggunakan kendaraan pribadi.

Pria yang akrab disapa Emil mengatakan Presden Joko Widodo bakal hadir dalam karnaval tahunan ini. Bahkan, Jokowi turut menjadi peserta karnaval bersama dengan puluhan delegasi perwakilan provinsi dan kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

"Ada 40an delegasi yang akan tampil dan termasuk presiden (Jokowi) akan mengendarai mobil khusus yang didesain oleh seniman seniman bandung sebagai pembuka karnavalnya," kata Emil di Taman Sejarah, Jalan Aceh, Kota Bandung, Kamis (24/8/2017).

Dia mengaku Pemkot Bandung terus mengebut sejumlah persiapan termasuk kendaraan hias yang akan meriahkan karnaval tersebut. Termasuk menyiapkan jalur-jalur yang akan dilintasi para kontingen peserta karnaval.

"Persiapan teknis terus dilakukan karena waktunya mepet. Tapi orang Bandung sudah terbiasa dengan sistem kebut semalam ya tiap hari ini per hari ini semua sudah bergerak menyiapkan sehingga kegiatan festival ini bisa berlangsung dengan ramai dan nyaman," tutur dia.

Pria berkacamata ini mengajak masyarakat berbondong-bondong menyaksikan kegiatan karanaval tersebut. Pasalnya, panitia telah menyiapkan tempat bagi warga yang ingin menyaksikan di rute yang telah ditentukan saat Jokowi melintas.

"Diimbau warga kalau bisa karena semangatnya kebhinekaan datang berpakaian tradisional kira-kira begitu ya. Misalnya lelaki pakai pangsi dan wanita pakai kebaya," tutur Emil.

Dosen Arsitek ITB ini menargetkan pengunjung yang akan menyaksikan karnaval ini mencapai 50 ribu orang. Target ini menjadi logis, mengingat Bandung merupakan kota wisata dan kegiatannya berlangsung saat akhir pekan.

Namun, ia meminta warga yang hendak menyaksikan iring-iringan karnaval untuk tidak membawa kendaraan pribadi. Sebab, sambung dia, sejumlah ruas jalan dipastikan akan ditutup selama karnaval berlangsung selama pukul 07.00 WIB - 12.00 WIB.

"Datang kalau bisa dengan kendaraan yang minimalis, cari parkir di radius yang aman dan jalan kaki sedikit menuju area karnaval. Untuk menghindari kemacetan lebih baik jika sendirian jangan bawa kendaraan pribadi," jelas Emil

Karnaval ini start mulai dari Gedung Sate (Jalan Diponegoro) lalu akan melintasi kawasan Jalan Riau lalu ke Jalan Ir H Djuanda atau Dago dan menuju ke arah Jalan Merdeka. Iring-iringan karnaval akan berhenti sementara di arena Taman Vanda (Jalan Merdeka). Pasalnya di taman tematik tersebut ada sebuah panggung untuk Presiden Jokowi memberikan sambutan sebelum meneruskan karnaval menuju kawasan Alun Alun Bandung. (avi/avi)