DetikNews
Selasa 22 Agustus 2017, 16:06 WIB

Bah Nunuh, Polisi 'Manusia Pohon' Sebar Virus Cintai Alam ke Pelajar

Wisma Putra - detikNews
Bah Nunuh, Polisi Manusia Pohon Sebar Virus Cintai Alam ke Pelajar Bah Nunuh saat memberikan penyuluhan kepada pelajar (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Kabupaten Bandung - Kanit Binmas Polsek Ibun U Nunuh Sutisna yang karib disapa Bah Nunuh memiliki kebiasaan menanam pohon. Selain menanam pohon, Nunuh juga gencar menyosialisasikan menjaga alam kepada pelajar yang ada di Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung.

Belasan pelajar yang tergabung dalam Paskibra SMK Annur Ibun diberikan pengetahuan tentang jenis-jenis pohom dan cara menanam pohon di Lapang Saung Awi B-Pas di Kampung Patrol, Monteng Lama, Desa/Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (22/8/2017).

Baca Juga: Bah Nunuh, Polisi di Bandung yang Dijuluki 'Manusia Pohon'

Pantauan detikcom, Bah Nunuh memberikan pengetahuan berbagai jenis pohon kepada sekitar 15 orang pelajar itu. Tidak kurang dari 20 jenis pohon yang di kenalkan oleh Nunuh kepada anak-anak itu.
Bah Nunuh, Polisi 'Manusia Pohon' Sebar Virus Cintai Alam ke PelajarFoto: Wisma Putra

Jenis pohon yang dikenalkan oleh Bah Nunuh kepada para pelajar itu di antaranya pohon berjenis kayu produksi, kayu endemik, tanaman obat dan buah. Untuk jenis pohon endemik di antaranya jenis Jamuju, Kibereum, Guru-huruan, Kibadak dan Puspa.

"Ada sekitar 20 jenis pohon yang dikenalkan. Umumnya merupakan tanaman dan pohon yang tumbuh disekitar Kamojang," kata Nunuh kepada detikcom.

Bah Nunuh berujar dari puluhan jenis pohon yang dikenalkan kepada para pelajar itu, Bah Nunuh mengatakan pohon jenis jamuju merupakan pohon yang sudah langka dan habitatnya di Hutan Kamojang semakin berkurang.

"Menurut informasi yang kami dapatkan di lapangan pohon jenis jamuju kini jumlahnya tinggal 13, itupun kondisinya sudah tidak muda lagi dan sembilan di antaranya sudah tidak berbuah," ujarnya.

Pohon jamuju yang tumbuh di Kawasan Hutan Kamojang umurnya busa mencapai 100 tahun, tingginya bisa mencapai 100 meter lebih dengan diameter tidak kurang dari besarnya perut kerbau dewasa dan termasuk jenis pohon tertinggi yamg ada di wilayah hutan di Jawa Barat.

Bah Nunuh mengungkapkan, tujuan memberikan pengetahuan tentang pohon kepada pelajar itu untuk memberikan wawasan tentang kelestarian alam, menambah pengetahuan dan penyadaran kepada para pelajar agar sadar dengan kondisi alam yang sudah rusak ini.

"Kalau kondisinya sudah diperbaiki, mudah-mudahan tidak terjadi lagi bencana alam menimpa manusia," ungkap Bah Nunuh.
Bah Nunuh, Polisi 'Manusia Pohon' Sebar Virus Cintai Alam ke PelajarFoto: Wisma Putra

Usai memberikan pengarahan, anak-anak tersebut aktif bertanya kepada Bah Nunuh. Selain memberikan pengetahuan kepada pelajar, Bah Nunuh juga kerap menjadi narasumber dalam berbagai kegiatan para pencinta alam di Kabupaten Bandung bahkan sampai ke luar kota.

Bah Nunuh juga aktif di Komunitas Kearifan Lokal Aleutan Seweputu Citarum. Dengan kegiatan sosialisasi tentang alam, Nunuh berharap kepada generasi muda agar menjaga alam dengan baik.

"Setelah mengetahui tentang pentingnya pepohonan dan kerusakam alam saya harap mereka sadar dan dapat merawat alam dengan baik. Kalau alam ini dibiarkan, ini akan menimbulkan bencana bagi semua orang," jelasnya.

Salahsatu siswa Kelas 12 Ebin Jumadi (18) mengatakan, ia dan temannya merasa senang setelah diberikan oengetahuan tentang pohon dan kelestarian alam.

"Saya merasa senang dan sekarang menjadi tahu tahu tentang jenis-jenis pohon dan cata menanam," pungkasnya.




(avi/avi)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed