DetikNews
Sabtu 19 Agustus 2017, 19:58 WIB

Tangkal Paham Radikal, Ribuan Mahasiswa Uniga Dididik Bela Negara

Hakim Ghani - detikNews
Tangkal Paham Radikal, Ribuan Mahasiswa Uniga Dididik Bela Negara Foto: Hakim Ghani
Garut - Ribuan mahasiswa baru Universitas Garut, Jawa Barat tahun ajaran 2017-2018 diikutkan pendidikan bela negara. Ini bukan kali pertama. Tujuannya untuk membentuk karakter dan jiwa nasionalisme dalam diri mahasiswa.

Pendidikan tersebut berlangsung di markas Batalyon Infanteri (Yonif) 303 Raider Setia Sampai Mati (SSM), Kecamatan Cikajang, Garut Sabtu (19/8). Rektor Uniga Abdusy Syakur mengatakan bahwa kegiatan tersebut rutin digelar setiap tahun.

"Ada ribuan mahasiswa baru. Hari ini kita berangkatkan sekitar 500-an, semuanya dibagi dalam 5 gelombang. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun ajaran baru," ungkap Syakur kepada wartawan di Markas Yonif 303, Kecamatan Cikajang, Garut, Sabtu (19/8) sore.

Syakur menjelaskan kegiatan bela negara ini bukan sebagai ajang militerisasi terhadap mahasiswa. Bela negara ini bertujuan untuk pembentukan karakter agar rasa nasionalisme tumbuh kembali dalam diri mahasiswa.

"Selain itu, pendidikan bela negara ini bertujuan untuk menangkal paham radikal yang kini marak di tengah-tengah masyarakat," katanya.

Tangkal Paham Radikal, Ribuan Mahasiswa Uniga Dididik Bela NegaraFoto: Hakim Ghani


Setelah mengikuti bela negara ini Syakur berharap agar mahasiswanya bisa menjadi mahasiswa dan warga negara yang siap membela bangsa.

"Bukan artinya setelah ikut bela negara harus jadi polisi atau tentara. Yang penting rasa kebangsaan harus tumbuh. Karena ada banyak cara untuk menjaga bangsa ini," katanya.

Dalam pendidikan bela negara ini mahasiswa akan dilatih selama tiga hari di markas Yonif 303. Nantinya, mereka dilatih berbagai hal mulai dari disiplin, tanggung jawab, hingga pendidikan fisik seperti baris berbaris.

"Tentunya selama mengikuti pendidikan nanti, mahasiswa akan didampingi langsung oleh perwakilan pihak kampus dan para prajurit Yonif 303 yang telah terlatih," ungkap Komandan Yonif 303 Mayor Infanteri Benny Wahyudi kepada wartawan di tempat yang sama.


(ern/ern)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed