Bocah SR Tewas di Sekolah, Polisi Gelar Mediasi Antar Keluarga

Bocah SR Tewas di Sekolah, Polisi Gelar Mediasi Antar Keluarga

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 15 Agu 2017 12:50 WIB
Foto: Syahdan Alamsyah
Foto: Syahdan Alamsyah
Sukabumi - Polres Sukabumi terus mengupayakan proses Diversi terkait tewasnya SR, siswa kelas 2 Sekolah Dasar Negeri (SDN) Longkewang, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Selasa (8/8/2017).

Diversi adalah pengalihan penyelesaian perkara Anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana. Itu diatur dalam UU Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (UU SPPA). Polisi melakukan mediasi antara keluarga korban dengan keluarga terduga pelaku.

Proses mediasi untuk pertamakalinya digelar Selasa (15/8/2027), sekitar pukul 11.30 WIB bertempat di aula pertemuan Polsek Cibadak, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Cibadak.

Pengamatan detikcom selain keluarga korban dan keluarga terduga pelaku, hadir pula aparat Muspika Kecamatan Cicantayan, Kepala Sekolah dan sejumlah unsur dari KPAI, P2TP2A, Dinas Pendidikan, Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Bandung dan Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3).

"Kita menghormati UU SPPA yang terangkum dalam UU Nomor 11 Tahun 2012. Semoga pada prosesnya hari ini bisa berjalan dengan baik dan bisa diterima semua pihak," kata Kasatreskrim Polres Sukabumi AKP Dhoni Erwanto di hadapan semua yang hadir.

Hingga saat ini proses mediasi masih berlangsung. Seperti diberitakan diduga berkelahi dengan temannya, seorang siswa kelas 2 SD di Kabupaten Sukabumi, meninggal dunia. Keluarga pun melaporkan peristiwa tersebut ke polisi.

Siswa SR diduga terlibat pertikaian dengan seorang teman sekelasnya DI, di halaman sekolahnya, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (8/8/2017) pagi.

(ern/ern)