DetikNews
Minggu 13 Agustus 2017, 13:17 WIB

Dear Pemkot Bandung, Pagar Forest Walk Baksil Rusak Bahayakan Pengunjung

Mochamad Solehudin - detikNews
Dear Pemkot Bandung, Pagar Forest Walk Baksil Rusak Bahayakan Pengunjung Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Hutan Kota Babakan Siliwangi (Baksil) merupakan ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Bandung yang dapat dinikmati warga secara gratis. Di area ini terdapat fasilitas untuk pejalan kaki yang disebut forest walk. Sayangnya ada sejumlah titik pagar pembatasnya yang rusak dan cukup membahayakan pengunjung.

Fasilitas ini sengaja dibangun untuk memudahkan warga dalam menikmati suasana hutan secara dekat, tanpa harus bersusah payah menembus lebatnya hutan. Terdapat dua titik forest walk di hutan kota Babakan Siliwangi ini.

Titik pertama , lokasinya berada di bagian atas Baksil atau menuju Kebun Binatang Bandung. Namun fasilitas ini sedang masa perbaikan. Masyarakat tidak diperbolehkan masuk karena khawatir membahayakan. Sementara yang kedua berada di bagian bawah membentang di sepanjang jalan yang akan menuju ke Sasana Budaya Ganesha dari arah Taman Cikapundung.

Berdasarkan pantauan detikcom di lokasi kedua ini kondisinya lebih ramai. Banyak warga mulai dari anak-anak muda hingga orang tua terlihat asik menikmati suasana hutan kota di Baksil. Berbagai kegiatan mereka lakukan. Mulai dari sekedar duduk-duduk hingga swa foto mengabadikan moment bersama.

Namun sayang, saat detikcom mencoba menyusuri fasilitas ini terdapat bagian dari forest walk yang rusak. Sebagian sisi pagar pembatas patah dan sisi lainnya penyok. Tidak diketahui penyebabnya pasti rusaknya salah satu bagin dari fasilitas publik ini. Tapi kondisi ini cukup membahayakan bagi para pengunjung. Terutama bagi anak kecil.

Pagar pembatas hilang sekitar 15 meterPagar pembatas hilang sekitar 15 meter Foto: Mochamad Solehudin


Salah satu warga Koswara (48) menyayangkan fasilitas ini mengalami kerusakan. Apalagi bila rusaknya ini disebabkan oleh ulah tangan jahil oknum masyarakat. "Waah kalau sama masyarakat sayang juga. Tapi keliatannya ketimpa pohon," kata Koswara saat ditemui area Baksil, Jalan Taman Sari, Kota Bandung, Minggu (13/8/2017).

Dia berharap segera ada perhatian dari Pemerintah Kota Bandung. Karena bila dibiarkan dikhawatirkan bisa membahayakan para pengunjung yang datang. "Ya semoga bisa segera dibenerin. Karena bisa bahaya kalau dibiarin terus," ujarnya.

Senada dengan Koswara, warga lainnya Hendi (31) juga berharap kerusakan ini bisa segera diperbaiki. Pasalnya, bila dibiarkan bisa membahayakan para pengunjung terutama bagi anak-anak. "Ya semoga bisa cepet dibenerin. Takut ada yang jatuh," ujarnya.

Dear Pemkot Bandung, Pagar Forest Walk Baksil Rusak Bahayakan PengunjungFoto: Mochamad Solehudin


Sementara itu, salah satu juru parkir di area Baksil Deni mengungkapkan pagar pembatas yang patah dan rusak itu karena tertimpa pohon. Deni sendiri yang ikut membantu memangkas pohon yang tumbang dan menimpa bagian dari forest walk tersebut.

"Ketimpa pohon pas lagi musim hujan angin kemarin-kemarin. Pohonnya juga lumayan besar," kata Deni singkat.


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed