DetikNews
Minggu 13 Agustus 2017, 10:56 WIB

Menikmati Suasana Hutan di Tengah Kota Bandung

Mochamad Solehudin - detikNews
Menikmati Suasana Hutan di Tengah Kota Bandung Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Hutan kota yang berada Jalan Babakan Siliwangi ini cukup ramai dikunjungi warga, terutama saat akhir pekan. Berbagai kegiatan kerap dilakukan oleh anak-anak muda Kota Bandung di hutan kota yang dikenal dengan nama Babakan Siliwangi (Baksil) ini.

Di bagian tengah hutan, terdapat sebuah jembatan atau sering disebut forest walk. Fasilitias ini dibangun untuk memudahkan warga dalam menikmati suasana hutan secara dekat, tanpa harus bersusah payah menembus lebatnya hutan.

Namun sayang, sebagian forest walk yang ada di hutan kota Baksil itu tidak dapat digunakan karena sedang masa perbaikan. Sementara sebagian forest walk di area bawah Baksil masih bisa dinikmatiti oleh pengunjung. Bahkan di area ini banyak sekali masyarakat yang mengabadikan moment dengan ber swa foto.

Suasana sejuk sangat terasa di hutan kota ini. Lebatnya pepohonan menjadi pelindung dari teriknya matahari. Tenang dan sejuk menjadi gambaran suasana yang dirasakan oleh setiap pengunjung yang datang ke hutan kota yang telah diakui secara internasional.

Seperti yang diungkapkan Indra (17). Menurutnya suasana tenang dan berbeda dia rasakan selama berada di Hutan Kota Baksil. Padahal lokasi ini tidak jauh dari pusat kota.

"Enakeun. Kayak bukan lagi di Bandung saja hehehe," kata Indra, saat ditemui di Baksil, Jalan Taman Sari, Kota Bandung, Minggu (13/8/2017).

 Menikmati Suasana Hutan di Tengah Kota BandungFoto: Mochamad Solehudin


Senada dengan Indra, Yahya (32) mengaku sengaja membawa keluarganya untuk berakhir pekan di Hutan Kota Baksil. Selain murah, hutan ini juga bisa menjadi sarana edukasi buat anaknya. "Kita bisa ingetin supaya untuk ikut jaga lingkungan. Kan di sini banyak pohon udaranya juga masih lumayan bagus," ucapnya.

Dia berharap Pemerintah Kota Bandung bisa mempertahankan hutan kota ini. Jangan sampai beralih fungsi menjadi bangunan komersil. "Semoga ini bisa bertahan. Soalnya sempat ramai juga kan dulu mau dibangun," ujarnya.
(ern/ern)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed