DetikNews
Sabtu 12 Agustus 2017, 16:40 WIB

Ini Penyebab Runtuhnya Atap Gedung Indonesia Menggugat

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Ini Penyebab Runtuhnya Atap Gedung Indonesia Menggugat Bagian atap GIM Bandung yang runtuh. (Foto: Dony Indra Ramadhan)
Bandung - Polisi turun tangan menyusul insiden runtuhnya atap Gedung Indonesia Menggugat (GIM) yang mengakibatkan bakal calon Wali Kota Cirebon Samsul Hadi terluka. Polisi telah menyelidiki asal mula runtuhnya atap bangunan tersebut.

Kapolsek Sumur Bandung Kompol Abdul Kholik menuturkan runtuhnya atap tersebut terjadi saat diadakannya kegiatan diskusi publik bertajuk 'Yang Muda Bicara Politik' di salah satu ruangan GIM, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Bandung, Sabtu (12/8/2017).

"Waktu yang bersamaan, dilakukan juga observasi untuk rencana perbaikan gedung," kata Abdul di lokasi.

Baca juga: Atap Runtuh di Gedung Indonesia Menggugat Timpa Bawalkot Cirebon

Menurut Abdul, ada tiga orang mengobservasi berkaitan rencana revitalisasi gedung bersejarah ini. Salah satu pekerja naik ke atas gedung untuk mengecek, namun kakinya menginjak atap yang rapuh.

"Pada saat menginjak atap yang sudah rapuh, atap langsung roboh dan menimpa korban (Samsul) yang sedang mengikuti acara tersebut," ucap Abdul.

Akibat insiden itu, korban mengalami luka di pelipis kanan kepalanya. Samsul diboyong ke Rumah Sakit Bungsu Bandung guna penanganan secara medis.

"Korban dijahit sebanyak dua jahitan. Tidak terlalu parah dan kondisinya sudah baikan," ujar Abdul.

Pengelola GIM Yadi Kusmayadi mengatakan gedung tersebut memang akan diperbaiki. Lantaran gedung tersebut termasuk cagar budaya, sambung dia, sehingga diperlukan observasi.

"Jadi sebelum direnovasi harus dilakukan studi teknis terlebih dahulu. Nah kemarin itu sudah dikasih tahu kalau mau mengecek ke atas (bagian gedung) harus dari orang sini yang tahu kayu mana yang boleh dan tidak boleh diinjak," tutur Yadi.
(bbn/bbn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed