DetikNews
Kamis 10 Agustus 2017, 17:54 WIB

Puti Guntur Soekarno Ziarah ke Makam Pendiri Pesantren di Cirebon

Tri Ispranoto - detikNews
Puti Guntur Soekarno Ziarah ke Makam Pendiri Pesantren di Cirebon Foto: Tri Ispranoto
Cirebon - Politisi PDIP yang juga Anggota DPR RI Komisi X Puti Pramathana Puspa Seruni Paundrianagari Guntur Soekarno Putri berziarah ke makam dua pendiri pesantren di Cirebon.

Ziarah yang disebutnya sebagai Safari Kebangsaan itu dimulai dari mengunjungi dan berziarah ke pendiri Ponpes Buntet yang berada di Kabupaten Cirebon pada Kamis (10/8/2017) pagi. Kemudian dilanjutkan ziarah ke Pesantren Al Ikhlas Kangraksan di Kota Cirebon pada Kamis sore.

Menurut Puti yang dilihatnya bukan besar atau kecil sebuah pesantren yang dikunjunginya. Melainkan makna yang ingin disampaikan adalah menyambut hari kemerdekaan dengan semangat menjaga persatuan dan kesatuan.

"Saya sebagai penyambung lidah kakek saya, karena saya percaya sebuah Ponpes punya semangat yang besar dalam menjaga persatuan dan kesatuan," ujar Puti yang merupakan cucu presiden pertama Sukarno, saat ditemui usai ziarah di makam pendiri Ponpes Al Ikhlas.

Puti menilai kemerdekaan yang diraih bangsa Indonesia tak lepas dari peran serta kiai dan para santrinya. Mereka tidak hanya berjuang dengan berdoa namun turun langsung mengusir para penjajah dari Indonesia dengan semangat keislaman.

Hal itu dapat dibuktikan dengan penuturan orang tua Puti, Guntur Soekarno Putra, saat mengisahkan perjuangan sang kakek yang selalu bertumpu pada nilai-nilai keislaman sesuai amanat dari para kiai.

"Belum banyak yang tahu kalau Bung Karno itu dididik atau nyantrinya di Hos Cokroaminoto. Pemikiran-pemikiran beliau banyak juga dipengaruhi oleh KH Ahmad Dahlan. Beliau tidak pernah lepas dari nafas keislaman," katanya.

Selain berkunjung dan berdialog dengan pengurus, wanita kelahiran 26 Juni 1971 ini juga menyempatkan diri untuk berziarah ke makam yang berada di lingkungan pesantren. Hal tersebut sebagai bentuk penghormatan kepada jasa para kiai yang telah membantu kemerdekaan.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed