Pemkab Garut Segera Bongkar Ratusan Rumah di Bantaran Cimanuk

Hakim Ghani - detikNews
Jumat, 28 Jul 2017 11:47 WIB
Sejumlah rumah di bantaran Cimanuk. (Foto: Hakim Ghani)
Garut - Pemkab Garut segera membongkar ratusan rumah warga yang berada di bantaran Sungai Cimanuk. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Garut Uu Saepudin mengatakan rumah-rumah di area itu dibongkar karena terkena dampak proyek pembangunan tanggul sungai untuk pencegahan banjir.

"Rumah milik 224 Kelapa Keluarga (KK) dan sejumlah lahan yang berada di bantaran sungai pastinya akan dibongkar untuk pembangunan tanggul," kata Uu kepada wartawan di Pendopo Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (28/7/2017).

Uu mengatakan, lokasi pembongkaran rumah ini berada di kawasan Kecamatan Tarogong Kaler dan Garut Kota. "Terdiri dari 181 KK di Kecamatan Garut Kota, dan sisanya ada di Tarogong Kaler," ucapnya.

Beraitan pembongkaran rumah di bantaran Cimanuk, Pemkab Garut tidak akan memberikan ganti rugi kepada para pemiik rumah. Uu menegaskan, warga menghuni atau mendirikan rumah di bantaran Cimanuk telah menyalahi aturan.

"Tidak akan mendapat penggantian materi dan rumah, karena kan warga sendiri menyalahi aturan. Sertifikatnya juga tidak ada," ujar Uu.

Pembongkaran rumah berlangsung mulai Agustus 2017. Pengerjaannya akan dipercepat guna menuntaskan proyek pembangunan tanggul Cimanuk. (bbn/bbn)