DetikNews
Rabu 19 Juli 2017, 13:54 WIB

BPN Kota Sukabumi Luncurkan Pembuatan Sertifikat Online Pertama di Jabar

Syahdan Alamsyah - detikNews
BPN Kota Sukabumi Luncurkan Pembuatan Sertifikat Online Pertama di Jabar Foto: Syahdan Alamsyah
Bandung - Kementerian Agraria dan Tata Ruang- Badan Pertanahan Nasional (ATR-BPN) Kota Sukabumi Jawa Barat meluncurkan layanan pertanahan melalui kelurahan Online. Peresmian layanan sertifikat via kelurahan online ini dilakukan di ruang pertemuan salah satu hotel di Kota Sukabumi, Rabu (19/7/2017).

Kepala ATR-BPN Kota Sukabumi Wajah Ganjar mengklaim layanan pembuatan sertifikat ini baru pertamakali diluncurkan di Jawa Barat. Hal ini untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat yang ingin membuat sertifikat tanpa harus mengantre lama di kantor BPN dengan cukup mendatangi kantor kelurahan yang sudah terkoneksi dengan layanan BPN.

"Pertama menghindari adanya pungutan liar jadi jalurnya memangkas proses birokrasi, cukup mendatangi kantor kelurahan terdekat membawa berkas pengajuan lalu prosesnya bisa dipantau melalui website secara transparan, pembayarannya semua lewat Bank. Jika syaratnya lengkap sertifikatpun keluar," kata Ganjar, kepada wartawan.

Proses pengukuran dan pengecekan akan dilakukan secara mobile. Masyarakat akan dikabari oleh pihak kelurahan ketika sertifikat sudah selesai. Pengaplikasian sistem online ini sudah dicoba di tiga kelurahan di Kota Sukabumi.

"Uji coba sudah dilakukan di Kelurahan Sukakarya, Dayeuhluhur dan Karang Tengah. Ternyata sukses, dan mampu menggenjot pemohon sertifikat dari yang asalnya hanya 19 pemohon kini menjadi 50 pemohon perbulannya," lanjut Ganjar.

Ke depan, 33 kelurahan yang ada di Kota Sukabumi bisa terkoneksi layanan yang sama dengan melibatkan operator dari staf kelurahan dan didukung perangkat berupa laptop yang terkoneksi dengan internet.

"Catatan saja, ini hanya untuk pemohon sertifikat pertama kali, berbeda dengan Larasita dengan sistem jemput bola kalau ini bentuknya elektronik persyaratan yang akan saling nge-link dari kelurahan ke BPN," tuturnya.

Di tempat yang sama Sri Mujitono, Kepala Kanwil BPN Provinsi Jawa Barat menyebut sistem layanan sertifikat lewat Online ini baru pertamakali di Jawa Barat. Salah satu tujuannya adalah untuk mewujudkan keinginan presiden Jokowi mengejar target program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL).

"Jabar ditarget 594.500 ribu saat ini baru tercapai sekitar 73 ribu. Kita berharap dengan sistem seperti ini target pak Jokowi ini bisa tercapai khususnya di Jabar. Bukan tidak mungkin apabila layanan di Kota Sukabumi berjalan baik akan diaplikasikan di Kota/Kabupaten di seluruh Jabar," bebernya.


(ern/ern)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed