DetikNews
Senin 10 Juli 2017, 15:59 WIB

Ciat! Begini Aksi Silat Polwan Polres Cianjur

Syahdan Alamsyah - detikNews
Ciat! Begini Aksi Silat Polwan Polres Cianjur Foto: Aksi Polwan Silat di Hut Bhayangkara Polres Cianjur (Syahdan Alamsyah/detikcom)
Bandung - Anggota Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur dengan lihai melumpuhkan para pelaku kejahatan yang beraksi di jalanan. Meski membawa senjata gerombolan pelaku kejahatan itu dengan mudah bisa dijatuhkan. Adegan itu diperlihatkan oleh dua orang anggota Polwan Bripda Rosita dan Bripda Ela ketika mengisi acara HUT Bhayangkara. Keduanya adalah anggota Satuan Lalu Lintas Polres Cianjur.

Sebelum memperagakan adegan itu kedua Polwan itu meminta rekannya yang berperan sebagai penjahat untuk tidak ragu-ragu saat melayangkan serangan. Dalam hitungan detik lima orang penyerang bisa dilumpuhkan dengan mudah.

Aksi lawan tanding itu bukan hal yang aneh bagi Bripda Rosita, sejak kelas 3 SMP ia sudah terbiasa melakukan adu tanding dengan teman-temannya di perguruan silat Benteng Ksatria.

"Tadi enggak ada skenario, ketika diminta tampil oleh pimpinan ya sudah saya siap. Makanya saya minta untuk lawan tanding tadi agar tidak ragu-ragu supaya lebih natural," tutur Rosita, kepada detikcom Senin (10/7/2017) pagi.

Rosita mengaku tergila-gila dengan ilmu silat sejak masih kecil, selama bertugas sebagai anggota Polisi Rosita mengaku belum pernah mempraktekan kemampuannya secara nyata.

"Alhamdulillah kalau yang kejadian langsung berhadapan dengan pelaku aksi kejahatan belum pernah, cuma kalau kasih pelajaran ke orang iseng sih pernah," lanjut gadis berparas ayu namun tomboy ini sambil tertawa.

Dihubungi terpisah, Kasatlantas Polres Cianjur AKP Erik Bangun Prakasa membenarkan jika Polwan Polres Cianjur memang menguasai beladiri meski tidak semuanya berlatih pencak silat.

"Ada karate ada taekwondo, ada Judo, sampai kung fu juga ada. Jadi sebagai alat menjaga diri dari aksi kejahatan, poinnya untuk memberikan perlindungan ke masyarakat," jelas Erik.

Peringatan HUT Bhayangkara Polres Cianjur berlangsung meriah dan melibatkan masyarakat seperti lomba ayam pelung dan kambing hias. "Acaranya final kemarin selama hampir sepekan, semoga kepercayaan masyarakat kepada institusi kami terus meningkat seiring bertambahnya usia," tutup Erik.


(avi/avi)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed