DetikNews
Rabu 28 Juni 2017, 11:29 WIB

Mendag Enggartiasto Puji Konsep Kontemporer Pasar Cihapit Bandung

Mukhlis Dinillah - detikNews
Mendag Enggartiasto Puji Konsep Kontemporer Pasar Cihapit Bandung Foto: Mendag berkunjung ke Pasar Cihapit (Mukhlis Dinillah/detikcom)
Kota Bandung - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita memuji konsep kontemporer yang diusung pasar Cihapit Bandung. Ia berharap pasar di daerah lainnya di Indonesia bisa mencontoh konsep serupa.

Mendag berkesempatan melihat langsung pasar yang selesai direvitalisasi 2014 lalu ini. Menurutnya, sentuhan baru yang diterapkan di pasar Cihapit membuatnya unik dan lebih dekat dengan masyarakat perkotaan.

"Saat ini Cihapit menjadi pasar yang lebih friendly, pasar yang lebih kontemporer, yang lebih dekat kepada masyarakat yang perkotaan," kata Enggartiasto di pasar Cihapit, Jalan Cihapit, Kota Bandung, Rabu (28/6/2017).

Ia menuturkan dahulu pasar Cihapit terkenal memiliki segmen konsumen menengah ke atas di Bandung. Kebutuhan pokok yang memiliki kualitas baik membuat harga-harga di pasar Cihapit cukup mahal.

Selain memiliki kualitas barang dagangan yang baik, kata dia, pasar Cihapit juga ditunjang dengan kebersihan. Sehingga, sambung dia, masyarakat akan nyaman ketika berbelanja.

"Jadi pasar ini bisa dijadikan tujuan wisata bagi asing maupun masyarakat kita sendiri. Karena sentuhan konsep kontemporer ini membuat suasana yang berbeda dan orang asing akan tertarik," tutur dia.

Menurutnya inovasi yang dilakukan Pemkot Bandung ini sangat baik. Dengan begitu, pasar akan tetap bisa bersaing dengan supermarket yang juga semakin menjadi di kota besar seperti Bandung.

"Dengan sentuhan inovasi ini, pasar tradisional bisa bersaing. Konsep ini akan kita sampaikan sebagai contoh untuk tempat-tempat lain dengan kearifan lokal masing-masing," kata Enggartiasto.
(avi/avi)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed