Cegah Antrean Mobil, GT Palimanan Terapkan Sistem Voucher

Tri Ispranoto - detikNews
Kamis, 22 Jun 2017 17:31 WIB
GT Palimanan Cirebon. Foto: Tri Ispranoto
Kabupaten Cirebon - Untuk mengantisipasi lonjakan pengguna jalan tol, PT Lintas Marga Sadaya (LMS) selaku pengelola Tol Cipali memberlakukan sistem pembayaran menggunakan voucher di GT Palimanan. Dirops PT LMS Rinaldi mengatakan upaya jemput bola tersebut sebagai langkah mempercepat transaksi di gardu pembayaran.

Sebab pemicu antrean panjang mobil salah satunya karena proses transaksi pembayaran di gardu tol. "Jadi nanti pengguna melakukan transaksi tunai dengan petugas yang jemput bola. Nanti pengguna akan mendapatkan voucher, dan voucher itu tinggal diserahkan di gardu," ujar Rinaldi di GT Palimanan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Kamis (22/6/2017).

Menurut Rinaldi, penerapan sistem tersebut bakal mempermudah dan mempercepat transaksi saat berada di gardu pembayaran. "Kalau normal tunai transaksi bisa sampai 20 detik. Sedangkan dengan jemput bola voucher transaksi hanya empat detik," katanya.
GT Palimanan Cirebon.GT Palimanan Cirebon. Foto: Tri Ispranoto
Selain pengoptimalan sistem jemput bola tersebut, pihaknya juga mengimbau agar masyarakat bisa bertransaksi menggunakan E-Money. Pasalnya dengan transaksi tersebut pengguna akan lebih cepat dilayani yakni empat detik transaksi.

"Kalau sekarang ini menggunakan sistem voucher atau transaksi elektronik justru menguntungkan karena bisa lebih cepat," ucap Rinaldi.

Dari pantauan detikcom meski baru diberlakukan hari ini namun sejumlah pengguna jalan sudah mulai menggunakan sistem voucher tersebut. Meski beberapa pengguna jalan masih bertanya-tanya dan khawatir jika setelah membayar voucher harus membayar kembali di gardu. (bbn/bbn)