DetikNews
Senin 19 Juni 2017, 20:51 WIB

Mudik 2017, Polda Jabar Sebar 36 Ribu Personel Gabungan

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Mudik 2017, Polda Jabar Sebar 36 Ribu Personel Gabungan Apel pergeseran pasukan pengamanan Lebaran bersandi Operasi Ramadniya 2017 di depan Gedung Sate Bandung. Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung - Polda Jawa Barat mengerahkan 36 ribu personel gabungan untuk mengamankan arus mudik Lebaran 2017. Para personel sudah bergeser ke lokasi penugasan.

Apel pergeseran pasukan pengamanan Lebaran bersandi Operasi Ramadniya 2017 ini digelar di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jabar, Senin (19/6/2017). Apel yang dipimpin Gubernur Jabar Ahmad Heryawan itu diikuti sejumlah pasukan dari berbagai unsur Polri, TNI, Basarnas, dan Pemprov Jabar.

"Ini (pergeseran pasukan) untuk mengamankan keadaan supaya kondusif, harmonis, aman, dan tentram," ujar gubernur yang karib disapa Aher itu.

Baca juga: Petugas Gabungan Jaga Jalur Mudik dan Wisata di Sukabumi

Kapolda Jabar Irjen Pol Anton Charliyan menjelaskan para pasukan ini akan langsung menempati pos-pos pengamanan. "Pasukan digelar dari mulai Cikarang sampai Palimanan, perbatasan Brebes," ucapnya di lokasi yang sama.

"Total pasukannya sekitar 36 ribu. Terdiri 21 ribu polisi dan 15 eibu instansi lainnya," kata Anton menambahkan.

Baca juga: Strategi Polda Jabar Urai Kepadatan Arus Mudik Jalur Selatan

Dalam pengamanan mudik tahun ini, kata Anton, pihaknya fokus pengamanan ke empat jalur yakni Pantura, Tol Cipali, tengah, dan selatan. Pengaturan lalu lintas akan dimaksimalkan untuk mencegah kepadatan.

"Kita juga mengantisipasi kejadian di Brexit tahun lalu. Untuk tahun ini kemungkinan tidak seperti tahun lalu. Kita akan mengatur arus supaya tidak tertumpu di Palimanan - Brebes," ujar Anton.
(bbn/bbn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed