Atty Suharti Diberhentikan Sementara Sebagai Wali Kota Cimahi

Mochamad Solehudin - detikNews
Kamis, 08 Jun 2017 17:20 WIB
Atty Suharti. Foto: Lamhot Aritonang
Bandung - Terdakwa kasus suap proyek pembangunan pasar atas Cimahi Atty Suharti Tochija diberhentikan sementara waktu dari jabatannya sebagai wali kota Cimahi. Tugas dan fungsinya kini diserahkan kepada Wakil Wali Kota Cimahi Sudiarto.

Pemberhentian tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri (Kepmendagri) Nomor 132.32-3227 tahun 2017 Tentang Pemberhentian Sementara Wali Kota Cimahi. Surat keputusan itu diserahkan oleh Wagub Jabar Deddy Mizwar kepada Wakil Wali Kota Cimahi Sudiarto di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (8/6/2017).
Wagub Jabar Deddy Mizwar serahkan surat kepada Wakil Wali Kota Cimahi Sudiarto.  Wagub Jabar Deddy Mizwar serahkan surat keputusan kepada Wakil Wali Kota Cimahi Sudiarto. Foto: Mochamad Solehudin
Adanya surat keputusan itu, tugas dan wewenang wali kota Cimahi sebagaimana diputuskan dalam Kemendagri dikendalikan kepada Sudiarto.

"Harapannya segera pemerintahan dan pembangunan Cimahi terus berlangsung sebagaimana mestinya dan tetap optimal. Semua bisa berjalan baik. Jangan sampai ada yang terhambat, termasuk pelayanan publik," ucapnya Deddy usai menyerahkan surat keputusan tersebut.

Terkait masalah hukum yang sedang dijalani Atty, semua harus menghormati dan mengedepankan prinsip praduga tak bersalah. "Sampai nanti ada kekuatan (keputusan) hukum tetap dari pengadilan," kata Deddy.

Wakil Wali Kota Cimahi Sudiarto mengaku siap menjalankan tugas dengan baik sesuai dengan tugas fungsi yang ada. "Semuanya (pemerintahan dan pembangunan) tetap berproses, tetap berjalan seperti adanya," ucap Sudiarto singkat. (bbn/bbn)