Polres Indramayu Gagalkan Pengiriman 30 Juta Petasan ke Jakarta

Tri Ispranoto - detikNews
Senin, 29 Mei 2017 14:32 WIB
Ilustrasi petasan. Foto: Thinkstock
Indramayu - Polres Indramayu menggagalkan pengiriman jutaan petasan ke Jakarta. Sejumlah orang turut ditangkap polisi.

Kapolres Indramayu AKBP Arif Fajarudin menjelaskan pengungkapan tersebut bermula dari laporan warga dan penyelidikan tim Satreskrim Polres Indramayu. Polisi langsung bergerak ke Jalan Raya Lohbener, Kecamatan Lohbener, Kabupaten Indramayu, Sabtu (27/5) lalu, sekitar pukul 11.30 WIB.

"Kelima tersangka ditangkap saat membawa petasan menggunakan micro bus E 7010 KW," kata Arif dalam pesan singkat yang diterima detikcom, Senin (29/5/2017).

Hasil penyelidikan, tiga dari lima tersangka yakni Wa (41), Ri (32), dan WC (39), diketahui sebagai pemilik petasan. Dua orang lainnya, Su (47) dan Ru (26), berperan sebagai sopir dan kernet.

"Di dalam mobil kita temukan 30 juta batang petasan korek yang dibungkus menggunakan 300 kantong semen," katanya.

Arif menuturkan, barang berbahaya tersebut rencananya akan dibawa ke Jakarta untuk dijual. "Kita masih kembangkan kasus ini untuk mencari tempat produksi mereka," katanya.

Kelima tersangka kini telah ditahan di Mapolres Indramayu. Mereka dijerat dengan Pasal 1 UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 mengenai kepemilikan bahan peledak dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara. (bbn/bbn)