DetikNews
Minggu 28 Mei 2017, 11:55 WIB

Sosok Mantan Wagub Jabar Almarhum Aboeng Koesman di Mata PNS

Mochamad Solehudin - detikNews
Sosok Mantan Wagub Jabar Almarhum Aboeng Koesman di Mata PNS Foto: Aboeng Koesman (Mochamad Solehudin/detikcom)
Kota Bandung - Mantan Wakil Gubernur Jawa Barat periode 1980-1985 Aboeng Koesman Somawidjaja tutup usia, Sabtu (27/5/2017) malam. Sejumlah pejabat Pemprov Jabar melayat, begini kesan PNS akan sosok almarhum.

Pantauan detikcom di rumah duka, pelayat masih ramai berdatangan. Seperti Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT) Jawa Barat Dadang Masoem, Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa dan sejumlah pejabat lainnya. Sebelumnya Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Anggota DPR RI Popong Otje Djundjunan juga datang untuk melayat.

"Saya atas nama pribadi dan sebagai Sekretaris Daerah Jabat turut bela sungkawa," kata Iwa saat ditemui di rumah duka, Jalan Kalimantan, Kota Bandung, Minggu (28/5/2017).

Di mata Iwa, sosok almarhum adalah panutan bagi semua PNS di Jabar karena memiliki integritas tinggi. "Bekerja secara lurus sehingga jadi panutan. Berkat contoh teladan beliau, sekarang Jabar jadi provinsi terbaik. Dan seiring doa, semoga almarum khusnul khotimah," ujarnya.

Sejumlah karangan bunga juga terihat di kediaman Aboeng. Terlihat karangan bunga dari Danpom TNI, Danpomdam TNI III Siliwangi, hingga karangan bunga dari Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.

Putra ke empat almarhum, Rudi Priyadi menyatakan, almarhum memang sudah menurun kesehatannya dan sudah beberapa kali keluar masuk rumah sakit. Namun Jumat (26/5/2017) kondisinya semakin melemah.

"Sudah bolak-balik rumah sakit. Jumat kemarin cukup parah," katanya, saat ditemui di rumah duka, Jalan Kalimantan, Kota Bandung, Minggu (28/5/2017).

Rudi melanjutkan, rencananya almarhum akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, Kota Bandung dengan menggunakan upacara militer. "Nanti sekitar pukul 12.00 WIB akan dilakukan pemakaman dengan prosesi upacara militer," ucapnya.

Aboeng Soemawijaja meninggalkan istri Siti Hadijah (89), dan tujuh orang anak. Sejumlah jabatan juga telah ditempati oleh almarhum. Sebelmum menjabat sebagai Wakil Gubernur Jabar, almarum pernah menjabat sebagai Walikota Cirebon periode 1972-1982. Almarhum juga menjabar sebagai Ketua Umum Paguyuban Pasundan sampai dengan tahun 2000 dan Ketua Yayasan Pasundan selama dua periode.

Sementara karir militer, pernah menjadi sebagai Badan Keamanan Rakyat (BKR), Tentara Kemanan Rakyat, dan Tentara Rakyat Indonesia di masa perjuangan dulu. Almarhum juga pernah menjabar sebagai Pa/Dan Pomdan III Siliwangi Bandung dan Pa/Dan Dan Pusdikpom Cimahi.
(avi/avi)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed