Sempat Mangkrak 2 Tahun, Begini Pasar Keren di Sarijadi Bandung

Avitia Nurmatari - detikNews
Selasa, 23 Mei 2017 15:12 WIB
Pasar keren di Bandung ini memiliki tiga lantai. Foto: Avitia Nurmatari
Bandung - Pasar Sarijadi mulai berfungsi. Tampil berwajah anyar, tempat bertemunya pedagang dan konsumen ini menjadi percontohan pasar tradisional kreatif, unik dan bersih.

Jalan panjang Pemkot Bandung melaksanakan revitalisasi Pasar Sarijadi yang berlokasi di Jalan Sariasih. Proses pembangunannya dimulai dengan peletakan batu pertama pada Januari 2015. Hingga akhirnya pada Selasa (23/5/2017) ini diresmikan.

Pasar yang paling keren dan inovatif secara arsitektur adalah Pasar Sarijadi se-Indonesia.Wali Kota Bandung Ridwan Kamil
Kini bangunan Pasar Sarijadi memiliki tiga lantai. Bagian dasar terdiri dari 55 lapak dan 10 gerobak. Lantai 1 sembako dan sayuran, lantai 2 untuk pakaian dan aksesori, tempat bermain anak dan lantai 3 khusus area kuliner atau foodcourt.

Jongko terbuat dari kayu berderet rapi di lantai dasar. Luas ukuran setiap jongko sekitar 1 x 1,5 meter. Ada ikon unik di dalam pasar tersebut. Bagian tembok tampil menarik dengan hiasan gambar aneka sayur mayur dan lauk pauk.

Kepala PD Pasar Ervan Maksum menjelaskan dalam pembukaan Pasar Kreatif Sarijadi ini sudah ada 21 orang pedagang dari pasar lama. "Pasar ini membuka pendaftaran dua bulan lalu. Ada 366 pedagang, tapi kapasitas hanya 200. Sehingga kami tidak bisa menerima semua. Sekarang sudah 186 pedagang yang masuk," tutur Ervan dalam sambutannya.

Sempat Mangkrak 2 Tahun, Begini Pasar Keren di Sarijadi BandungArea tempat berjualan di pasar ini tampak bersih. Foto: Avitia Nurmatari

Fasilitas di pasar kreatif ini terbilang lengkap. Mengusung konsep one stop service, pasar tersebut menyediakan hampir seluruh fasilitas yang ada di swalayan.

"Pasar ini terdapat penitipan anak, ruang laktasi untuk ibu menyusui, ATM center, co working space, tukang cukur dan bengkel motor. Ada ojek call, vallet parking, bengkel dan barber shop," ujar Ervan.
Sempat Mangkrak 2 Tahun, Begini Pasar Keren di Sarijadi BandungWali Kota Bandung Ridwan Kamil meninjau Pasar Sarijadi. Foto: Avitia Nurmatari

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil datang langsung meresmikan Pasar Sarijadi. "Kota Bandung ingin memberi contoh bahwa pasar tidak lagi seperti dulu. Kita bisa bersaing dengan supermarket dengan mal, yang penting bersih," ucap Emil, sapaan Ridwan.

Dalam kesempatan tersebut, Emil memuji arsitektur bangunan pasar. "Hari ini mungkin pasar yang paling keren paling inovatif secara arsitektur adalah Pasar Sarijadi se-indonesia," ujar Emil.
Sempat Mangkrak 2 Tahun, Begini Pasar Keren di Sarijadi BandungBagian tembok tampil menarik dengan hiasan gambar aneka sayur mayur dan lauk-pauk. Foto: Avitia Nurmatari
(avi/bbn)