Ridwan Kamil Siap Ajak Raja Swedia Jalan Kaki ke Museum KAA

Avitia Nurmatari - detikNews
Senin, 22 Mei 2017 16:11 WIB
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Foto: Avitia Nurmatari/detikcom
Bandung - Raja Swedia Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia dijadwalkan datang ke Kota Bandung pada Rabu (24/5) mendatang. Mereka rencananya mengunjungi Museum Konferensi Asia Afrika (KAA), makan siang bersama Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, dan mengikuti seminar riset dan teknologi di ITB.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengaku sangat terhormat dengan kunjungan kenegaraan dari kerajaan Swedia. "Ini menujukan martabat Kota Bandung sangat terhormat, seperti tahun lalu dikunjungi Putri Astrid dari Belgia," ucap Wali Kota Bandung Ridwan Kamil usai Rapat Koordinasi kedatangan raja dan ratu Swedia di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Senin (22/5/2017).

Rombongan Raja Gustaf dan Ratu Silvia bakal datang ke Bandung menggunakan kereta api. Setiba di Stasiun Bandung, mereka disambut Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial.

Emil, sapan Ridwan, menyambut Raja Gustaf dan Ratu Silvia di Pendopo Kota Bandung. Usai makan siang di tempat tersebut, Emil siap mengantar tamu negara ini ke Museum KAA di Jalan Asia Afrika atau kawasan Alun-alun Bandung.

"Sejak kedatangan di stasiun, nanti makan siang bersama, foto-foto dan berjalan kaki menikmati Kota Bandung, Alun-alun Bandung sampai Museum KAA. Kemudian akan lanjut mengikuti seminar di ITB. Makanannya ya makanan kombinasi yang standar raja. Itu nanti diatur sama protokol, saya enggak hafal menu-menunya," tutur Emil

Dalam pertemuannya nanti, Emil berencana membicarakan tentang Bandung sebagai gerbang ekonomi teknologi Indonesia. Ia mengaku senang karena permintaannya kepada Dubes Indonesia untuk Swedia untuk agar raja dan ratu Swedia datang ke Bandung disetujui.

"Jadi kalau ada investasi teknologi, gunakan Bandung sebagai homebase. Mereka datang atas permintaan saya dan disetujui Dubes," ucap Emil. (avi/bbn)