DetikNews
Rabu 17 Mei 2017, 13:58 WIB

Bandung Ikut Kerjasama Global Perangi Penyakit Tidak Menular

Avitia Nurmatari - detikNews
Bandung Ikut Kerjasama Global Perangi Penyakit Tidak Menular Foto: Cici Marlina Rahayu/detikcom
Bandung - Kota Bandung masuk ke dalam 50 kota di dunia yang akan bekerja sama secara global untuk menurunkan jumlah penyakit yang tidak menular. Kerja sama tersebut di bawah koordinasi Bloomberg Philanthropy.

Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil menjelaskan, saat ini di Kota Bandung, banyak warga menderita penyakit tidak menular seperti stroke (8,24 persen), diabetes mellitus (3,15 persen), dan penyakit kardiovaskuler (13,73 persen). Hal itu, kata Emil, terjadi karena kehidupan perkotaan yang serba instan.

"Kita akan cari cara agar penyakit tidak menular ini menurun drastis. Kuncinya adalah saling bertukar informasi," kata Emil, sapan Ridwan Kamil di Balai Kota Bandung, Rabu (16/5/2017).

Lebih lanjut Emil mengatakan, salah satu penyebab penyakit tersebut yakni paparan rokok. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Bandung, jumlah kasus penyakit dari perokok berusia di atas 10 tahun mencapai 36,3 persen.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Bandung mengeluarkan Peraturan Wali Kota Nomor 315 Tahun 2017 tentang Kawasan Tanpa Rokok. Kawasan Tanpa Rokok adalah area yang dinyatakan dilarang melakukan kegiatan merokok dari memproduksi, menjual, memasang iklan, atau mempromosikan produk tembakau, termasuk merokok.

"Kita kan sudah mengeluarkan Perwal KTR, itu salah satu upaya untuk mengurangi penyakit tidak menular ini," ucapnya.

Dengan kerja sama tersebut, kata Emil, Kota Bandung turut mendukung komitmen global untuk menurunkan angka kematian akibat penyakit tidak menular ini. Pria yang hobi mengayuh sepeda itu mengajak warga Bandung untuk melakukan pola hidup sehat dengan banyak bergerak.

"Kita punya program Bandung Bergerak. Jadi, jangan hanya duduk, naik motor, makan, tidur. Tapi juga harus melakukan apapun yang bisa membuat badan kita banyak bergerak sehingga menyehatkan," tandasnya.
(ern/ern)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed