DetikNews
Kamis 04 Mei 2017, 18:31 WIB

Polda Jabar Bentuk Satgas Pantau Harga Pangan Selama Ramadan

Mochamad Solehudin - detikNews
Polda Jabar Bentuk Satgas Pantau Harga Pangan Selama Ramadan Kapolda Jabar Irjen Pol Anton Charliyan. Foto: Baban Gandapurnama
Bandung - Polda Jabar bakal membentuk satuan tugas (Satgas) untuk memantau harga pangan jelang dan selama bulan Ramadan 2017. Tim tersebut siap menindak dan menghalau spekulan yang mencoba memanfaatkan momen hari besar keagamaan.

Kapolda Jabar Irjen Pol Anton Charliyan mengatakan keterlibatan polisi mengawasi masalah pangan bukan tanpa alasan. Sebab, sambung dia, bila terjadi gelokak harga pangan bisa mengganggu terhadap stabilitas daerah.

"Kalau ekonomi tidak bagus, akan berdampak terhadap stabilitas daerah. Polri diminta untuk mengawal terutama jelang Ramadan," ucap Anton dalam rapat koordinasi identifikasi barang kebutuhan pokok menghadapi hari besar keagamaan nasional di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (4/5/2017).

Dia menjelaskan, tim satgas tersebut terbagi dua kategori. Kategori pertama, tim yang akan bergerak secara represif menindak para spekulan. Tim ini langsung di bawah koordinasi Direskrimsus Polda Jabar.

"Tim itu dibentuk sebagai penegakan hukum yang dipimpin Direskrimsus. Ini dilakukan karena khawatir ada main mata dan menimbun barang sehingga menyebabkan lonjakan (harga)," ujar Anton.

Polda Jabar mengingatkan para pengusaha agar tidak curang. Anton sudah menginstruksikan 4.300 babinkamtibmas untuk mengidentifikasi dan menindak tegas para spekulan nakal. "Spekulan jangan main mata. Saya sudah tahu. Kami memiliki babinkamtibmas yang tersebar sampai tingkat kelurahan," ucap Anton.

Tugas tim kedua yaitu bergerak secara preemtif dan preventif. Melalui langkah ini pihaknya akan membantu menjaga dan menstabilkan harga pangan di Jawa Barat. "Kami akan berkoordinasi dengan Bulog untuk menggelar pasar murah di sejumlah titik," ujarnya.

Berbagai masalah dibahas dalam rapat koordinasi yang digelar di Gedung Sate. Terutama masalah kesediaan dan menjaga stabilitas harga jelang Ramadan. Rapat tersebut dipimpin langsung Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.
(bbn/bbn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed