DetikNews
Jumat 28 April 2017, 19:40 WIB

2 Ribu Guru Ngaji di Bandung Mulai Dapat Honor Rp 250 Ribu per Bulan

Mukhlis Dinillah - detikNews
2 Ribu Guru Ngaji di Bandung Mulai Dapat Honor Rp 250 Ribu per Bulan Foto: Mukhlis Dinillah
Bandung - Pemkot Bandung mulai membayarkan insentif untuk tenaga pengajar program magrib mengaji. Sebanyak 2.000 guru mendapatkan honor sebesar Rp 250 ribu per orang yang berasal dari dana APBD tahun 2017.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan tahun ini pihaknya sudah menganggarkan honor untuk guru mengaji sebesar Rp 6 miliar. Honor akan dibayarkan setiap bulan melalui rekening bank.

"Wayahna segitu dulu. Supaya tidak digunakan buat macam-macam maka kita transfer langsung melalui rekening bank," kata pria yang akrab disapa Emil usai penyerahan secara simbolis di Masjid Al Ukhuwah, Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Jumat (28/4/2017).

Emil mengaku berniat menaikan gaji para guru magrib mengaji ini setiap tahunnya. Pasalnya, peran mereka cukup penting dalam mendidik generasi Qurani dan berakhlakul karimah.

"Doakan saja mudah-mudahan setiap tahunnya naik terus honornya, agar bisa sejahtera. Karena mereka yang nantinya mencetak generasi Qurani," ungkap dia.

2 Ribu Guru Ngaji di Bandung Mulai Dapat Honor Rp 250 Ribu per BulanFoto: Mukhlis Dinillah


Program magrib mengaji diluncurkan Pemkot Bandung tahun lalu. Gerakan ini diharapkan menjadi tradisi di Kota Bandung. Hal ini untuk mengisi kegiatan terutama anak-anak dengan hal yang lebih bermanfaat.

"Maghrib Mengaji ini harus menjadi tradisi. Insyaallah masjid ramai lagi dengan mengaji dan shalat berjamaah bersama. Jadi insyaalah kota ini akan kokoh tidak hanya Infrastruktur fisik, tetapi kokoh akhlaknya. Jadi seimbamg lahir dan batin," kata dia.

Hingga kini sudah ada sekitar 2.000 relawan yang mendaftar menjadi guru mengaji. Relawan ini dikoordinir dari Universitas Islam Negeri (UIN) Bandung, Unisba, serta remaja pengurus masjid.
(ern/ern)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed