DetikNews
Jumat 21 April 2017, 20:22 WIB

Pemakaman Wadan Sesko TNI di TMP Cikutra Berlangsung Haru

Mochamad Solehudin - detikNews
Pemakaman Wadan Sesko TNI di TMP Cikutra Berlangsung Haru Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Wakil Komandan Sekolah dan Komando Marsekal Muda (Marsda) TNI Asnam Muhidir dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Cikutra, Kota Bandung. Prosesi pemakaman tersebut berlangsung penuh haru.

Sebelum dimakamkan, almarhum yang pernah menjadi ajudan Wakil Presiden Jusuf Kalla tahun 2004 lalu ini disemayamkan terlebih dahulu di rumah duka, di Jalan Martanegara, Kota Bandung. Kemudian disolatkan dan dilakukan prosesi pelepasan jenazah, di Sekolah Staf dan Komando, Jalan Martanegara, Kota Bandung, Jumat (21/4/2017).

Jenazah kemudian dibawa ke Taman Makam Pahlawan untuk dimakamkan. Prosesi pemakaman dilakukan secara militer yang dipimpin oleh Wakil Gubernur Lemhanas RI, Marsdya TNI Bagus Purhito. Para kerabat dan keluarga telah berada di lokasi untuk mengikuti prosesi pemakaman.

Tembakan salvo menandakan awal prosesi pemakaman Asnam Muhidir. Jenazah dikeluarkan dari dalam peti. Kemudian secara perlahan jenazah Asnam Muhidir dimasukan ke dalam liang Lahat yang sudah dipersiapkan.

Pemakaman Wadan Sesko TNI Meninggal Berlangsung HaruFoto: Mochamad Solehudin


Suasana hari begitu terasa. Istri almarhum Pansy Tribuana K, terlihat tidak berhenti meneteskan air mata. Sesekali dia usap air matanya dengan kerudung yang dia gunakan.

"Kita merasa kehilangan yang mendalam atas kepergian almarhum," kata Bagus, dalam sambutannya.

Dia menyatakan, semasa hidupnya almarhum mengemban tugas dengan penuh semangat dan tanggung jawab dalam pengabdian kepada bangsa dan negara. "Saya sebagai inspektur upacara dan sebagai pribadi mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya," ucapnya.

Hadir dalam upacara pemakaman tersebut, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Komandan Sesko TNI Letjen TNI (MAR) R.M Trusono dan sejumlah perwira lainnya di lingkungan TNI. Sementara Wakil Presiden Jusuf Kalla tidak ikut mengantarkan mantan ajudannya itu ke dalam liang lahat. Namun JK sempat ikut menyolatkan.

Marsda TNI Asnam meninggal usai terjatuh saat bersepeda santai di dekat Gedung Sate, tadi pagi. Ia dilarikan langsung ke RS Borromeus. Saat tiba di RS, sudah dinyatakan meninggal dunia. Diduga ia mengalami serangan jantung.

Pemakaman Wadan Sesko TNI Meninggal Berlangsung HaruFoto: Mochamad Solehudin



(ern/ern)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed