DetikNews
Jumat 21 April 2017, 18:51 WIB

Cerita Rita Koesma Bujuk Anjal di Bandung Agar Mau Belajar

Avitia Nurmatari - detikNews
Cerita Rita Koesma Bujuk Anjal di Bandung Agar Mau Belajar Rita Koesma. Foto: Avitia Nurmatari
Bandung - Bagi Rita Koesma, anak-anak yang dilahirkan ke dunia wajib mendapatkan pendidikan yang layak. Perempuan berusia 64 tahun yang akrab disapa Ambu ini memiliki semangat menggelora untuk membujuk anak jalanan (anjal) agar mau ikut belajar gratis dengannya. Seperti apa cara Rita mengajak para anjal di Kota Bandung ini?

Saat berbincang dengan detikcom di kediamannya di Jalan Bukit Raya Selatan 226, Punclut, Ciumbuleuit, Kota Bandung, Rita menyebut tak gampang membujuk anjal atau tetangga sekitar beraktivitas belajar bersamanya. Perlu proses berulang dan tanpa tekanan.

"Saya ini kan tukang naik angkot ke mana-mana. Di perempatan itu saya suka ketemu sama anak-anak jalanan. Bisa juga saat di angkot, ada yang suka ngamen gitu, saya ajak bicara," tutur pemilik 'Rita Home Library' ini, Jumat (21/3/2017)..

Hatinya merasa teriris, melihat anak-anak usia SD dan SMP harus mengamen atau nongkrong di pinggir jalan. Pelan-pelan Rita membujuk mereka agar mau belajar. Ada yang berhasil, ada juga yang tidak. Rata-rata menurut Rita, mereka masih malu-malu dan takut belajar.

"Saya bilang, kamu mau enggak sekolah. Mereka bilang mau. Kalau mau saya suruh mereka datang ke tempat saya. Ada yang datang, ada yang enggak," tutur Rita.
Cara Rita Koesma Bujuk Anjal di Bandung Agar Mau BelajarFoto: Avitia Nurmatari
Meski usianya menginjak senja, perempuan kelahiran Bandung 15 Maret 1953 ini tetap menuntut ilmu. Rita beruntung, banyak orang baik yang membantunya, membangun perpustakaan dan menjadi sponsor untuk membiayai studi S3 di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

"Karena saya ini mengajar, saya juga harus meningkatkan kemampuan saya. Jadi meskipun S1 dan S2 saya ini soal Ilmu Komunikasi jurusan Perpustakaan, saya S3-nya soal pendidikan luar sekolah. Saya mengajar biar ada peningkatan," tutur Rita.

Lokasi 'Rita Home Library' ini hadir di area rumahnya. Ada sekitar 1.200 buku yang berderet rapi. Kebanyakan buku-buku tersebut berbahasa Inggris dan kebanyakan khusus untuk anak-anak.

Ibu dua anak yang gemar makan sate kambing ini sangat senang kalau banyak anak-anak atau siapa saja yang datang ke rumahnya untuk baca buku atau jadi relawan mengajar anak-anak.
(avi/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed