DetikNews
Jumat 21 April 2017, 14:28 WIB

3 Tahun Produksi KTP Palsu, Ferry Diringkus Polda Jabar

Dony Indra Ramadhan - detikNews
3 Tahun Produksi KTP Palsu, Ferry Diringkus Polda Jabar Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung - Selesai sudah petualangan Ferry Alamsyah (27) melakoni aksi tipu-tipu. Bisnis ilegal pembuatan KTP yang ia praktikan berhasil diungkap Polda Jabar.

Ferry diciduk petugas Ditreskrimum Polda Jabar di kediamannya, Gang Pangrango, Desa Sawah Gede, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada Selasa (11/4) lalu.

"Tersangka melakukan pemalsuan surat berupa KTP di daerah Cianjur. Dia sebagai pembuat langsung KTP palsu itu," ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Jumat (21/4/2017).

Menurut Yusri, tersangka Ferry sudah melakoni bisnis pemalsuan KTP ini selama hampir tiga tahun. Selain membuat KTP palsu, Ferry juga membuat kartu keluarga palsu. Pemalsuan KTP ini dilakukan Ferry dengan cara input data ke komputer dan mencetak sendiri.

"Pembuatan KTP dan kartu keluarga palsu sesuai pemesanan. Kalau ada yang pesan dia buat. Harganya Rp 100 ribu untuk KTP saja, kalau lengkap dengan kartu keluarga dipatok Rp 150 ribu," tutur Yusri.

Selain menangkap Ferry, petugas juga mengamankan barang bukti berupa seperangkat, puluhan KTP palsu, komputer, printer, hardisk, kertas lapisan id card, gunting, amplas, dan blanko kartu keluarga.

Ferry kini mendekam dibui. Ia dijerat Pasal 263 KUHPidana tentang pemalsuan surat dengan ancaman hukuman mencapai 6 tahun penjara.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed