DetikNews
Jumat 21 Apr 2017, 14:05 WIB

Ridwan Kamil Curhat Soal Leluhurnya Ke Solihin GP

Mochamad Solehudin - detikNews
Ridwan Kamil Curhat Soal Leluhurnya Ke Solihin GP Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bertemu dengan Mantan Gubernur Jawa Barat periode 1970-1974 Solihin GP (Mang Ihin). Dalam pertemuan itu, orang nomor satu di Kota Bandung ini curhat tentang leluhurnya kepada Mang Ihin.

Pria yang akrab disapa Emil menyatakan ia terlahir dari keluarga pejuang. Kakeknya bernama KH. Muhyiddin merupakan tokoh ulama dan seorang pejuang. Kakeknya itu membangun pesantren di Kabupaten Sumedang bernama Pesantren Pagelaran yang berafiliasi dengan Nahdatul Ulama (NU).

"Kakek saya merupakan ulama dan TNI yang ikut dalam perjuangan memerdekakan Indonesia," kata Emil, dalam pertemuan yang digelar, di Kantor Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS), Jalan L.L.RE Martadinata, Kota Bandung, Jumat (21/4/2017).

Seperti ulama lainnya, di jaman kemerdekaan kata Emil, kakeknya adalah tokoh ulama sekaligus panglima perang. "Karena sering gerilya dengan santri-santri kakek saya ditangkap Belanda dua kali. Ditahan di Sukamiskin dan Kebon Waru," ujarnya.

Emil mengungkapkan, kisah ini jarang ia ceritakan kepada siapapun. Saat akan maju dalam Pemilihan Wali Kota Bandung 2013 lalu juga tidak ia sampaikan soal kisah ini. "Karena banyak fitnah jelang Pilgub makanya saya buka sejarah saya," ucapnya.

Sementara itu, kepada Emil, Mang Ihin berpesan agar Emil bisa menjaga dan melindungi Pancasila. Pancasila sebagai ideologi bangsa yang harus dijaga. "Ini masalah nasional. Supaya kita menghayati sepenuhnya Pancasila," ujarnya.

Sebagaimana diketahui Ridwan Kamil satu-satunya sosok yang telah mendeklarasikan diri siap maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018. Bahkan orang nomor satu di Kota Bandung telah dipinang Partai Nasdem untuk ikut dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut.
(ern/ern)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed