DetikNews
Kamis 20 April 2017, 15:43 WIB

Ridwan Kamil Minta Warga Waspada Cuaca Ekstrem

Avitia Nurmatari - detikNews
Ridwan Kamil Minta Warga Waspada Cuaca Ekstrem Hujan badai Rabu (19/4) membuat rekmale di Antapani roboh/Foto: Mukhlis Dinillah
Bandung - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meminta warga untuk waspada cuaca ekstrem. BMKG memprediksi cuaca ekstrem akan terjadi 2-3 hari ke depan.

"Pesan saya hati-hati saja, apalagi kalau terjadi cuaca extrem seperti itu ya harus ada persiapan. Kata BMKG kemungkinan akan terjadi lagi 2-3 hari ke depan," ungkap pria yang karib disapa Emil di Hotel Hilton, Jalan Pasirkaliki, Kamis (20/4/2017).

Emil bersyukur peristiwa hujan es yang melanda kota Bandung tidak menelan korban jiwa. Meski tercatat ada 63 pohong tumban yang di antaranya ada yang menimpa rumah dan kendaraan.

"Kita bersyukur tidak ada korban jiwa, kerugian material sementara akan kita cek dulu," tuturnya.

Prakirawan BMKG Kota Bandung Neneng Sugianto menjelaskan, hujan es yang terjadi di Kota Bandung disebabkan adanya proses kondensasi yang terlalu dingin hingga mencapai titik freezing -44 derajat celcius . Sehingga air yang menguap berubah bentuk menjadi butiran es.

BMKG memprediksi hujan disertai angin kencang masih akan terjadi dalam beberapa hari ke depan. Masyarakat diimbau untuk berhati-hati saat sedang beraktivitas di luar rumah.

Seperti diketahui, Rabu Siang (19/4/2017), sebagian wilayah Kota Bandung dilanda hujan badai. Butiran es juga turun. Saking banyaknya terlihat seperti salju, seperti terjadi di Jalan Sukasari II, Sekeloa Bandung. Sebanyak 63 pohon tumbang dan dua reklame roboh. Sembilan mobil menjadi korban.


(avi/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed