Balita Kembar Siam Devani dan Devina Akhirnya Pulang ke Rumah

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 19 Apr 2017 19:43 WIB
Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung - Balita kembar siam dempet pinggul asal Sumedang, Jawa Barat Devani Aulia Nurhasani dan Devina Aulia Nursadikin akhirnya dapat berkumpul dengan keluarganya di rumahnya. Setelah cukup lama menjalani perawatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, balita berusia 2 tahun itu dipulangkan.

Dengan menggunakan kursi roda, Devina duduk di atas pangkuan ibunya, Eni Mulyani. Sementara Davina duduk seorang diri.

Keduanya didorong ayahna Endi Heidi beserta tim dokter RSHS keluar dari gedung RSHS yang terletak di Jalan Dr. Radjiman (Pasteur), Kota Bandung, Jabar, Rabu (19/4/2017). Kedua balita asal Sumedang, Jabar ini tampak ceria dengan pakaian motif polkadot berwarna ungu dan merah.

"Setelah dipisahkan melalui operasi dan menjalani pemulihan, sekarang kondisinya sudah baik, sudah ceria, sudah cerewet, kedua bayi sudah boleh pulang," ujar Dirut RSHS Ayi Djembarsari di RSHS.

Devani dan Devina, warga Dusun Panyirapan RT 03 RW 06 Desa Mekarjaya, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat ini lahir dengan kondisi dempet bagian pinggul.

Balita Kembar Siam Devani dan Devina Akhirnya Pulang ke RumahFoto: Dony Indra Ramadhan


Perjalanan medis panjang ditempuh keduanya agar bisa hidup seperti balita pada umumnya. Setelah masuk ke RSHS pada 23 Oktober 2016, kedunya lalu menjalani operasi pemisahan pada 15 Desember 2016. Hari ini, keduanya bisa pulang.

Ayah kedua balita, Endi Heidi mengucap syukur anaknya kini sudah bisa pulang ke rumah dan berkumpul bersama.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada tim dokter yang telah memisahkan. Perjalanan anak kami cukup panjang. Sekarang kondisinya sehat, mudah-mudahan seterusnya," kata Endi.

(ern/ern)