DetikNews
Senin 20 Maret 2017, 07:51 WIB

30 Rumah di Cileunyi Disapu Angin Puting Beliung

Wisma Putra - detikNews
30 Rumah di Cileunyi Disapu Angin Puting Beliung Foto: Wisma Putra
Bandung - Sekitar 29 rumah rusak ringan dan satu rumah rusak berat akibat disapu angin puting beliung yang terjadi di Kampung Jadaria, Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Minggu (19/3/2017) sore.

Ketua RW 05 Kampung Jadaria Deden Saeful Kahfi (41) mengatakan angin puting beliung tersebut terjadi sebelum turun hujan sore kemarin. "Sekitar Pukul 16.00 WIB dengan durasi kurang dari 5 menit," kata Deden saat ditemui di kediamannya.

Deden menerangkan pada kejadian ini tidak ada korvan luka-luka baik berat atau ringan. Tapi secara keseluruhan rumah yang rusak ringan, hanya genteng dan asbesnya saja berhamburan dan satu rumah milik pasangan suami isteri (pasutri) Enjang (67) dan Acih (64) rusak berat itu diakibatkan tertimpah dua pohon albasiah.

Genting berhamburan tersapu puting beliungGenting berhamburan tersapu puting beliung Foto: Wisma Putra


Menurut keterangan warga, kata Deden, saat kejadian terjadi angin lama berputar di belakang rumah Enjang, sehingga dua pohon tumbang dan menimpa rumah. Beruntung penghuni rumah langsung keluar dan tidak mengalami luka-luka.

"Sore kemarin Pak Enjang sedang mengantarkan Bu Acih ke Padalarang, di dalam rumah hanya ada cucunya Andini (14) sendirian, karena anak itu keburu keluar alhamdullilah tidak terjadi apa-apa, hanya sedikit shock saja," ungkapnya.

Sementara itu, Andini mengaku langsung lari keluar rumah saat pohon menimpa rumah kakeknya. "Saya keluar untuk memyelamatkan diri, takut tertimpah pohon," kata Andini.

Ketakutannya semakin menjadi, saat hunjan turun. Apalagi, saat kejadian terjadi Andini sedang ditinggalkan oleh kakek dan nenenya pergi. "Iya, kake lagi nganterin nenek ke Padalarang. Andini sebdiri di rumah jadi takut," tambahnya.

Tidak lama berselang, sekitar 1 jam pasca kejadian Enjang kembali pulang kerumah dan mendapati rumahnya telah tertimpa dua pohon albasiah.

"Banyak warga berkumpul di dekat rumah saya. Ternyata pohon menimpah rumah. Khawatir sekali, saya ingat sama Andini yang saya tinggal sementara untuk mengantarkan neneknya ke Padalarang," katanya.

Melihat kejadian tersebut, Enjang langsung menelepon isterinya. "Saya pulang ditelepon bapak (suami), baru juga berangkat jam 2 kemarin, saya langsung pulang dan sampai rumah jam 8 malam karena khawatir dengan Andini," timpal Acih

Belum ditaksir kerugian atas kejadian tersebut. Saat detikom masuk ke dalam rumah panggung milik Enjang, pohon tersebut tepat menimpah bagian kamar, karena sore kemarin hujan seisi kamarpun basah oleh air.

Genting berhamburan tersapu puting beliungGenting berhamburan tersapu puting beliung Foto: Wisma Putra


Bukan hanya melintasi Kampung Jadaria saja, angin puting beliung juga melintasi Kampung Cibiru Tonggoh RW 07 sampai ke SMA 26 Sukaluyu yang masuk Kota Bandung. Untuk mengevakuasi dua pohon tumbang tersebut pihaknya telah berkordinasi dengan pihak desa dan kecamatan.

Sementara itu, saat dikonfirmasi kepada Kepala Harian Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Bandung Tata Irawan berujar, pihaknya belum mendapatkan laporan ada rumah yang tertimpa pohon di Kecamatan Cileunyi akibat angin puting beliung.

"Tim kami akan segera mengecek lokasi kejadian, termasuk alat-alat apa saja yang dibutuhkan untuk mengevakuasi pohon tersebut. Seharusnya kalau ada kejadian serupa, kepala desa harus cepat tanggap laporan ke BPBD agar cepat dievakuasi," pungkasnya.
(ern/ern)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed