ADVERTISEMENT

Sungai Cimanuk Kembali Meluap, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Hakim Ghani - detikNews
Selasa, 28 Feb 2017 22:01 WIB
Foto: Warga mengungsi di masjid. (Hakim Ghani/detikcom)
Garut - Sungai Cimanuk, Garut, Jawa Barat, kembali meluap malam ini. Akibatnya, warga yang bermukim di daerah aliran sungai (DAS) Cimanuk pun panik dan berhamburan ke jalan.

Bahkan warga di Kampung Kaum Lebak, Kecamatan Tarogong Kidul memilih mengungsi ke tempat yang lebih aman karena trauma dan takut terjadi banjir bandang lagi. Kebanyakan dari mereka memilih mengungsikan diri ke masjid yang letaknya cukup tinggi.

"Takut banjir bandang yang tahun kemarin terjadi lagi, ya kami lebih memilih untuk mengamankan diri dulu ke sini (masjid)," ujar Widdia (20), salah seorang warga Kp. Kaum Lebak, Tarogong Kidul, Garut, Selasa (28/2/2017).

Sungai Cimanuk Kembali Meluap, Warga Berhamburan Keluar RumahFoto: Sungai Cimanuk kembali meluap. (Hakim Ghani/detikcom)


Kapolsek Tarogong Kidul, Kompol Richard Latue, mengatakan, berdasarkan pantauan, ketinggian air naik hingga 4 meter, dari ketinggian air normal. Warga yang bermukim di daerah aliran sungai (DAS) Cimanuk dimohon untuk waspada.

"Air naik hingga 4 meter dari ketinggian air normal, warga yang berada di sekitaran daerah aliran sungai (DAS) dimohon untuk waspada," kata Richard di salah satu lokasi luapan air Sungai Cimanuk di Jalan Pembangunan.

Sungai Cimanuk Kembali Meluap, Warga Berhamburan Keluar RumahFoto: Sungai Cimanuk kembali meluap. (Hakim Ghani/detikcom)


Hingga berita ini ditulis, warga masih mengungsi di masjid-masjid terdekat. Unsur muspika Kecamatan Tarogong Kidul dan tim dari BPBD Kabupaten Garut masih melakukan pemantauan untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu ketinggian air kembali naik. (idh/fdn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT