DetikNews
Rabu 22 Februari 2017, 13:28 WIB

Telkom University Bangun Perpustakaan Keren Berkonsep Green Futuristic

Baban Gandapurnama - detikNews
Telkom University Bangun Perpustakaan Keren Berkonsep Green Futuristic Foto: Perpustakaan Telkom University/Baban Ganda Purnama
Bandung - Berkomitmen mencerdaskan anak bangsa. Semangat itulah yang digulirkan Telkom University untuk menyajikan perpustakaan berpenampilan keren di area kampusnya. Pembangunan pusat pengetahuan bernama 'Open Library' ini didukung teknologi informasi digital dan fasilitas moderen.

Rektor Telkom University Mochamad Ashari mengatakan pintu perpustakaan tersebut dibuka lebar-lebar untuk masyarakat umum. Sarana berstandar internasional ini beroperasi selama enam hari dalam seminggu.

"Perpustakaan Telkom University ini berbeda dengan lainnya, ya karena kami buka untuk umum. Open Library, jadi semua orang bisa akses. Kami membuka diri untuk mencerdaskan anak-anak bangsa," ujar Ashari sewaktu memberikan sambutan acara The Grand Launching of Telkom University Open Library di aula Manterawu Telkom University, Jalan Telekomunikasi, kawasan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/2/2017).

Ashari menjelaskan, perpustakaan merupakan jantung dari sebuah institusi pendidikan. Perpustakaan juga, sambung dia, merupakan pusat kegiatan dan logistik bagi perguruan tinggi.

Menurut dia, sebenarnya fasilitas perpustakaan sudah sejak lama eksis, namun kini pindah ke gedung Manterawu lantai 5 di area kampus Telkom University dengan nuansa dan layanan baru. "Telkom University Library yang mengambil konsep green futuristic ialah perpustakaan moderen yang dalam hal desain atau isinya diperuntukkan memenuhi kebutuhan mahasiswa ataupun masyarakat. Serta mengantisipasi kemajuan teknologi atau sistem pendidikan di masa depan," kata Ashari.

Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muh. Syarif Bando mengapresiasi dibangunnya Telkom University Open Library. "Saya bangga dan senang. Ini untuk mencerdaskan anak bangsa," kata Syarif dalam sambutannya.

Guna memudahkan pengoperasiannya, perpustakaan ini didukung oleh sistem informasi yang terintegrasi yang dapat mengolah dan mengelola berbagai koleksi pengetahuan serta layanan Open Library. "Ini komitmen kami untuk meyediakan fasilitas kepada mahasiswa, doses dan staff, serta masyarakat umum. Perpustakaan ini bagian tugas mencerdaskan anak bangsa," tutur Ashari.


Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muh.Syarif Bando menyebutkan perpustakan moderen seperti ini menandai suatu peradaban dunia yang akan memberikan sumbangsih besar yang bukan bagi internal Telkom University saja tapi untuk semua bangsa Indonesia. Konsep Open Library ala Telkom University menjadi role model pembangunan perpustakaan di Indonesia.

"Telkom University menjadi pusat bagaimana membangun perspustakaan moderen di Indonesia," ucap Syarif.

(bbn/avi)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed