detikNews
Sabtu 04 Februari 2017, 14:19 WIB

Teras Cihampelas, Jalur Pedestrian 'Langit' yang Nyaman Bagi Difabel

Erna Mardiana - detikNews
Teras Cihampelas, Jalur Pedestrian Langit yang Nyaman Bagi Difabel Foto: Erna Mardiana/detikcom
Bandung - Meski berada di atas ketinggian skywalk 'Teras Cihampelas' tampaknya menjadi area publik yang paling nyaman bagi kaum difabel. Banyak penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda berseliweran di atas skywalk saat peresmian hari ini, Sabtu (4/2/2017).

Bagaimana mereka bisa naik? Dengan naik lift. Yup, keberadaan lift di skywalk sepanjang 450 meter itu memang diprioritaskan bagi para difabel, khususnya yang menggunakan kursi roda. Selain lift, ada enam tangga yang tersebar.

Teras Cihampelas yang berjumlah 12 teras itu satu sama lain disambungkan dengan tangga dan ram bagi pengguna kursi roda maupun tunanetra.

Teras Cihampelas, Jalur Pedestrian 'Langit' yang Nyaman Bagi DifabelFoto: Erna Mardiana/detikcom

"Pak wali, terus terang tadi saat saya naik ke atas, merinding. Ini area publik yang sangat nyaman kaum difabel. Terimakasih pak, kami berharap makin banyak tempat yang ramah seperti ini," ujar salah satu perwakilan difabel di hadapan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat peresmian.

Laeli Yuntari (50), salah seorang pengguna kursi roda, mengaku sangat mudah menaiki Teras Cihampelas. "Tadi pakai lift, ini memudahkan kita. Saya surprise sekali, ini tempat rekreasi publik yang paling nyaman saya rasa," ujarnya yang mengaku sengaja datang ke peresmian.

Teras Cihampelas, Jalur Pedestrian 'Langit' yang Nyaman Bagi DifabelFoto: Erna Mardiana/detikcom

Jalur pedestrian Teras Cihampelas dibangun di atas jalan raya sepanjang 450 meter, dengan ketinggian 4,6 meter dan lebar 7,6 meter. Dana yang dihabiskan sekitar Rp 45 miliar.

Rencananya tahun ini skywalk akan diperpanjang. "Nanti bisa connect dengan Dago. Jadi dari Dago bisa ke sini jalan kaki," ujar Ridwan Kamil.

Teras Cihampelas, Jalur Pedestrian 'Langit' yang Nyaman Bagi DifabelFoto: Erna Mardiana/detikcom

(err/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed