detikNews
Sabtu 04 Februari 2017, 12:42 WIB

Teras Cihampelas Resmi Jadi Jalur Pedestrian Ciamik di Bandung

Erna Mardiana - detikNews
Teras Cihampelas Resmi Jadi Jalur Pedestrian Ciamik di Bandung Foto: Erna Mardiana/detikcom
Bandung - Hanya dalam waktu tiga bulan, skywalk Cihampelas dibangun. Hari ini, jembatan pejalan kaki yang dinamai Teras Cihampelas resmi dibuka.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil didampingi istrinya Atalia Kamil serta Wakil Wali Kota Oded M Danial menandatangani prasasti peresmian jalur pedestrian yang konsepnya diklaim pertama di Indonesia.

"Saya berani klaim ini pertama di Indonesia dan bahkan di dunia. Di New York ada seperti ini, namun yang model seperti ini kanan kiri pohon dan pedagang cuma ada di Bandung," ujarnya dalam sambutannya.

Teras Cihampelas Resmi Jadi Jalur Pedestrian Ciamik di BandungFoto: Erna Mardiana/detikcom

Jalur pedestrian Teras Cihampelas dibangun di atas jalan raya sepanjang 450 meter, dengan ketinggian 4,6 meter dan lebar 7,6 meter. Dana yang dihabiskan sekitar Rp 45 miliar.

"Saat ini membangun itu bisa di atas tanah, bawah tanah. Kita harus inovatif, bagaimana bisa membangun dengan lahan yang sudah terbatas," ujar Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil.

Emil bermimpi, konsep jalur pedestrian seperti Teras Cihampelas akan dibangun di titik-titik lainnya. "Kenapa baru di sini? Karena uangnya cuma bisa di sini. Nanti akan di-connect ke Dago, dari sana bisa jalan ke sini. Itu bukan hal yang tidak mungkin," tegasnya.

Teras Cihampelas Resmi Jadi Jalur Pedestrian Ciamik di BandungFoto: Erna Mardiana/detikcom

Usai memberikan sambutan dan menandatangani prasasti, secara simbolis Emil melepaskan tiga tupai ke atas pohon. Sedikit ada keriuhan di tengah kumpulan warga yang hadir, karena salah seekor tupai malah lari le kerumunan warga.

Selanjutnya Emil didampingi Atalia dan Oded berkeliling ke setiap kios pedagang. Dia beberapa kali mewanti-wanti kepada pedagang agar menjaga kebersihan dan ketertiban.

"Ayo kita jaga sama-sama teras ini. Saya tadi masih lihat banyak puntung rokok, tolong jaga," imbau Emil.

Teras Cihampelas Resmi Jadi Jalur Pedestrian Ciamik di BandungFoto: Erna Mardiana/detikcom

(ern/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed