DetikNews
Jumat 14 Oktober 2016, 16:52 WIB

Sabtu Digelar Pembukaan Peparnas XV, Hindari Kawasan Stadion Siliwangi

- detikNews
Sabtu Digelar Pembukaan Peparnas XV, Hindari Kawasan Stadion Siliwangi Lokasi upacara pembukaan Peparnas XV di Stadion Siliwangi Bandung. Foto: Masnurdiansyah
Bandung - Beberapa ruas jalan di Kota Bandung akan digunakan untuk area parkir kendaraan para tamu undangan yang hadir saat upacara pembukaan Peparnas XV 2016 di Stadion Siliwangi, Kota Bandung, Sabtu sore (15/10/2016) besok, sekitar pukul 15.30 WIB . Selain itu, polisi memberlakukan pengalihan arus lalu lintas.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi dijadwalkan hadir membuka even olahraga tersebut.

"Kita telah siapkan kantong parkir seperti di Stadion Siliwangi, Jalan Diponogoro, Jalan Bawean, Jalan Gandapura, Jalan Lombok, Jalan Menado dan kantor PMI Kota Bandung," ujar Kadishub Jabar Dedi Taufik saat dihubungi detikcom, Jumat (14/10/2016).

Titik parkir kendaraan tamu undangan lokasinya menyebar. Dedi menjelaskan, sekitar 20 kendaraan tamu VVIP akan parkir di depan Stadion Siliwangi, Kantor PMI dan Jalan Bawean. Sementara tamu VIP bisa memarkirkan kendaraannya di Gedung Sate.

"Jadi kalau untuk tamu VIP nanti akan disediakan 25 shuttle bus yang akan mengangkut tamu VIP ke lokasi upacara pembukaan," kata Dedi.

Kendaraan para atlet dan ofisial sebanyak 101 unit bus ukuran besar, sedang dan kecil yang parkir di Jalan Gandapura. Untuk masyarakat memiliki undangan dapat memarkirkan kendaraannya di Jalan Menado.

Polisi menerapkan rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan. Warga yang tidak memiliki kepentingan diimbau agar menghindari beberapa akses jalan yang bakal dilakukan pengalihan arus atau penutupan.

"Jalan Lombok pasti sistem satu arah dari Jalan Aceh, tidak bisa masuk ke kiri. Termasuk di Jalan Diponogoro depan Gedung Sate, itu akan ditutup karena ada zona parkir untuk sementara, tergantung situasional besok," ucap Dedi.

Diprediksi terjadi kepadatan volume kendaraan di beberapa titik jalanan Kota Bandung. Dua personil Satlantas Polrestabes Bandung bersiaga di lokasi jalan utama pusat kota. Pengalihan arus lalu lintas di seputaran Stadion Siliwangi dilakukan polisi sebelum berlangsungnya upacara pembukaan Peparnas XV.

"Kendaraan dari Jalan Belitung dialihkan ke Jalan Bangka untuk diteruskan ke Jalan Gudang Utara. Sementara ruas Jalan Aceh tidak bisa masuk ke Jalan Menado dan Lombok. Nanti kendaraan dialihkan ke Jalan Flores dan Jalan Sumbawa," tutur Kabag Ops Polrestabes Bandung AKBP Dede Rojudin di ruang kerjanya.

Ia mengimbau masyarakat atau tamu undangan lainnya tidak memarkirkan kendaraan di sepanjang Jalan Menado, Aceh, Belitung, dan Lombok. "Karena untuk area di stadion hanya digunakan oleh kendaraan VVIP saja. Jadi jangan ada yang parkir di sana, termasuk di atas trotoar maupun di pinggir jalan sekalipun," ucap Dede.


Hadirkan Ratusan Penari Difabel

Sebanyak 400 penari ditambah 240 penari difabel siap memeriahkan upacara pembukaan Peparnas XV 2016 di Stadion Siliwangi, Kota Bandung, Sabtu (15/10/2016). Tema diusung dalam kegiatan tersebut yaitu 'Terbanglah Garudaku Mendunia'.

"Total penarinya ada 640 orang. Untuk tamu undangan ada 12 ribuan ada dari masyarakat dan anak sekolah juga. Mudah-mudahan penuh," ujar Gubernur Jabar Ahmad Heryawan selaku Ketua Umum PB PON XIX dan Peparnas XV.

Suguhan para penari yang melibatkan komunitas difabel itu menjadi petujukan menarik bagi tamu undangan dan penonton. "Tentu ada sesuatu yang baru dan beda dibandingkan (pembukaan) PON kemarin," ucap Aher, sapaannya.

Durasi upacara pembukaan Peparnas XV berlangsung selama 1,5 jam. Rangkaian acara ini dikemas dalam bingkai harmoni nusantara yang mengusung berbagai seni budaya di Indonesia.

"Tagline-nya melampaui keterbatasan, jadilah juara, jadilah nomor satu, jadilah yang terbaik," kata Aher.
(Masnurdiansyah/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed