Curi Bebek, Seorang Pria di Indramayu Nyaris Tewas Dibakar Massa

Masnurdiansyah - detikNews
Kamis, 25 Agu 2016 11:49 WIB
Foto: Ilustrasi Pencurian (Edi Wahyono)
Bandung - Seorang pelaku pencurian di Indramayu nyaris tewas diamuk massa dengan cara dibakar hidup-hidup. Ia tertangkap saat mencuri bebek dalam kandang milik Asrofudin, di Desa Kalianyar Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Rabu (24/8) kemarin.

"Pelaku atas nama Rumadi (40). Ia tertangkap saat mencuri bebek di kandang milik warga setempat, tapi ketahuan dan warga menangkap pelaku dan secara spontan masyarakat yang ada di lokasi membakar pelaku," ucap Kabid Humas Polda Jawa Barat, melalui pesan singkatnya, Kamis (25/8/2016).

Yusri menjelaskan, pencurian bebek itu melibatkan dua orang. Namun pelaku lain bernama Pitak (40) warga Desa Sudimampir, Kabupaten Indramayu itu kabur saat hendak ditangkap warga.

Dari penuturan Yusri, kejadian tersebut bermula saat mereka hendak mencuri ternak bebek di kandang milik Asrofudin. Keduanya sempat mengambil sejumlah bebek dan dimasukan ke dalam karung. Karena tempat tinggal pemilik ternak bebek tak jauh dari kandang miliknya, pemilik mendengar bebek ternaknya bersuara. Kemudian Asrofudin keluar untuk melihat kandang dan memergoki kedua pelaku sedang memasukan bebek ke dalam karung.

"Pemilik (Asrofudin) sempat melakukan perlawanan saat melihat pencuri. Karena kepepet korban berteriak sehingga warga di sekitar rumah korban keluar rumah, dan menangkap pelaku yang membawa karung berisi bebek," terang mantan Dir Pam Obvit Polda Kepulauan Riau ini.

Warga kemudian membantu mengejar kedua pelaku. Rumadi berhasil ditangkap, sementara Pitak berhasil kabur. Rumadi juga sempat dipukuli warga lalu diarak menuju jalan raya dan diletakan berdekatan dengan sepeda motor miliknya.

"Lalu warga membakar pelaku dengan sepeda motornya. Tapi saat itu keburu anggota Polsek Krangkeng datang ke tkp untuk menyelamatkan pelaku yang sedang dibakar oleh warga," lanjut Yusri.

Atas peristiwa tersebut, Rumadi mengalamni luka bakar pada bagian tangan dan badan. "Dia dibawa anggota ke Rumah Sakit Bhayangkara Losarang untuk mendapatkan perawatan medis," kata dia.

Sementara itu, Kapolres Indramayu AKBP Eko Sulistyo Basuki saat dihubungi terpisah membenarkan adanya aksi massa yang membakar pelaku pencurian bebek di wilayah hukumnya.

"Pemilik bebek sempat berteriak 'maling' sehingga warga sekitar rumah berhamburan keluar. Kalau posisi kandang bebeknya ada di belakang sawah jadi warga langsung ngepung satu pelaku yang tidak sempat melarikan diri," ucap Eko seraya menambahkan.

Polisi mengamankan barang bukti yakni motor yang telah dibakar warga setempat, bebek sebanyak empat ekor dan satu buah karung yang dibawa pelaku.

"Pelaku nyaris tewas karena dibakar, dan anggota kami berhasil menyelamatkannya. Saat ini masih dalam perawatan di medis. Kalau untuk pelaku atas nama Pitak masih kita kejar sementara barang bukti yang disita dari tangan korban kita amankan," pungkasnya. (avi/avi)