Karang Taruna Bandung Larang Panitia Agustusan Galang Dana di Jalan

Mukhlis Dinillah - detikNews
Kamis, 11 Agu 2016 17:54 WIB
Ilustrasi. Foto: Agung Pambudhy
Bandung - Karang Taruna Kota Bandung melarang panitia peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) melakukan penggalangan dana untuk kegiatan dengan cara meminta kepada masyarakat di ruang-ruang publik. Pasalnya, hal itu bisa mengganggu ketertiban dan kenyamanan masyarakat.

"Sesuai dengan instruksi dari Wali Kota Bandung tidak boleh lagi (pantia HUT RI) mengambil sumbangan dari publik di ruang ruang publik yang dapat mengganggu ketertiban, kenyamanan masyarakat luas," kata Ketua Karang Taruna Kota Bandung Fiki Satari di kantor Kompas Gramedia, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Kamis (11/8/2016).

Fiki mendorong anak-anak muda yang tergabung dalam Karang Taruna di kewilayahan untuk bisa lebih kreatif dalam mencari dana untuk kegiatan Agustusan. Salah satunya dengan bekerjasama dengan berbagai pihak seperti pelaku usaha.

Selain itu, menurut dia, penggalangan dana juga bisa berbentuk kegiatan sosial seperti donor darah. Sebab, sambung Fiki, kegiatan tersebut bisa menyedot massa dan bernilai positif dimata masyarakat luas.

"Nah ketika mendapatkan simpati warga sebetulnya bantuan dari masyarakat akan datang dengan sendirinya. Hasilnya bisa digunakan juga kegiatan peringatan 17 Agustus," ucapnya.

Fiki mengatakan bagi masyarakat yang melihat adanya sekelompok anak muda yang melakukan penggalangan dana di jalan, bisa melaporkannya kepada Karang Taruna Kota Bandung. Pengaduannya bisa berupa foto atau video.

"Posting aja ke media sosial twitter @kartabdg, instagra. karta.bdg, facebook karang taruna kota bandung. Tugas kami hanya melakukan pembinaan. Kalau sanksi tidak mengikat, intinya jangan terulang lagi," tutur Fiki.

Dia berharap setiap Karang Taruna di kewilayahan tetap menyemarakan HUT RI dengan kegiatan-kegiatan positif. Jangan sampai, kata dia, larangan penggalangan dana di jalanan itu membuat mereka urung membuat kegiatan.

"Karang Taruna harus bikin acara namun dengan cara cara yang kreatif. Jangan sampai tidak, banyak cara kok untuk meramaikan acara 17-an," ujar Fiki. (bbn/bbn)