Nuansa Sukarno Kental Terasa di Sekitar Gedung Merdeka Bandung

Baban Gandapurnama - detikNews
Rabu, 01 Jun 2016 09:45 WIB
Foto: Avitia/detikcom
Bandung -

Nuansa Sukarno menghiasi seputaran Jalan Sukarno, Kota Bandung, Jawa Barat. Semarak spanduk berisi foto-foto dan kutipan pidato presiden pertama Indonesia tersebut berjejer rapi. Ada foto sewaktu Sukarno berpidato dan pose bersama beberapa pimpinan negara.

Gambar itulah yang hadir di sepanjang Jalan Sukarno atau samping Gedung Merdeka, Rabu (1/6/2016), Peringatan Hari Pancasila. Terlihat di kiri kanan jalan itu foto-foto tempo dulu saat Sukarno berdampingan dengan tokoh dunia di antaranya PM Uni Soviet Nikita Khruschev, Jhon F Kenedy, Nehru dan Nkrumah.

Selain itu terdapat juga foto saat Sukarno bersama Marilyn Monroe. Di bawah spanduk berisi foto tersebut tercantum teks: 'Apakah kita mau Indonesia MERDEKA, yang kaum Kapitalnya merajalela ataukah yang semua rakyatnya sejahtera, yang semua cukup makan, cukup pakaian, hidup dalam kesejahteraan, merasa dipangku oleh Ibu Pertiwi yang cukup memberi sandang dan pangan?' (Pidato Bung Karno Kelahiran Pancasila 1 Juni 1964).

Seluruh spanduk berdiri itu menampilkan foto Sukarno saat berkiprah memimpin Indonesia. Tiap spanduk menyajikan ucapan-ucapan Sukarno sewaktu berpidato. 'Janganlah mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segi tiga warna. Selama masih ada ratap tangis di gubuk-gubuk pekerjaan kita belum selesai! Berjuanglah terus dengan mengulurkan sebanyak-banyak keringat' (Pidato Bung Karno HUT Proklamasi 1964).



(bbn/ern)