Pemprov Jabar Libatkan 12.500 Orang Sukseskan Citarum Bestari

Baban Gandapurnama - detikNews
Jumat, 27 Mei 2016 14:11 WIB
Anggota TNI membersihkan Sungai Cikapundung yang bermuara ke Citarum, beberapa waktu lalu/Foto: Baban Gandapurnama
Bandung - Pemprov Jabar akan melibatkan 12.500 orang untuk menyukseskan peresmian gerakan Citarum Bestari pada 2 Juni 2016 mendatang. Kegiatan melibatkan seluruh lapisan masyarakat ini berlangsung secara serentak di daerah-daerah yang dilintasi Sungai Citarum.

"Personelnya yang resmi 12.500 orang yang melibatkan TNI, Polri, pemda, mahasiswa, pemuda dan masyarakat umum. Kalau yang tidak tercatat, tentu kami mengajak seluruh masyarakat untuk terlibat," ucap Gubernur Jabar Ahmad Heryawan atau Aher di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (27/5/2016).

Dia mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan di sepanjang aliran Sungai Citarum, baik induk dan anak sungai, serta sungai-sungai kecil yang mengalir ke Citarum. Nantinya, sambung dia, aliran Sungai Citarum di daerah-daerah di Jabar akan dijaga dan dikelola oleh masyarakat serta TNI dan Polri.

"Pelaksanaannya di 200 desa. Nantinya di tiap desa itu personel TNI dan Polri rutin melakukan patroli," kata Aher.

Gerakan Citarum Bestari ini bertujuan memberikan penyadaran bagi masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai. Dalam kegiatan tersebut nantinya masyarakat bersama-sama turun langsung membersihkan ragam sampah yang mengotori sungai.

"Ini sosial movement. Kami ingin melibatkan dan mengajak masyarakat terlibat kegiatan Citarum Bestari," ujar Aher.

Program Citarum Bestari ini berlangsung hingga Desember 2016 dengan anggaran mencapai Rp 13 miliar. (bbn/ern)