detikNews
Kamis 07 April 2016, 13:43 WIB

Kota Bandung Inisiatif Bikin KTP Anak, Dimulai Mei 2016

Avitia Nurmatari - detikNews
Kota Bandung Inisiatif Bikin KTP Anak, Dimulai Mei 2016 Ilustrasi/Foto: Rangga Sencaya
Bandung -

Meski tidak ditunjuk sebagai daerah percontohan penerapan Kartu Identitas Anak (KIA), namun Kota Bandung inisiatif sendiri membuat KTP anak.

"KIA ini merupakan program pemerintah pusat yang baru dilaunching. Pilot projectnya ada 50 Kabupaten/Kota. Bandung tidak termasuk, tapi inisiatif sendiri. Sudah dianggarkan tahun ini Rp 1,3 miliar," ujar Kasi Penyuluhan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung, Wuryani, kepada wartawan, di Balai Kota Bandung, Kamis (7/4/2016).

Rencananya KIA ini akan diluncurkan Mei 2016 mendatang. Dari total 700 ribu jumlah anak usia 0-16 di Kota Bandung, tahun ini ditargetkan sekitar 200-300 ribu anak yang memiliki KIA.

"KIA ini ada dua tahap, untuk usia 0-5 tahun kurang sehari, dan 5 tahun ke atas sampai 17 tahun kurang sehari. Syaratnya akta kelahiran, KTP, KK asli ayah dan ibunya," terang Wuryani.

Seperti halnya KTP orang dewasa, dalam KIA ini nantinya tertera nama anak, alamat, nama ayah, nomor akta dan nomor kartu keluarga.

"Jadi anak yang baru lahir bisa bikin akta kelahiran dan langsung KIA. Setelah 5 tahun diregistrasi ulang untuk memakai foto dalam KIA-nya," jelasnya.

Khusus untuk KIA, tidak bisa dibuat di kecamatan seperti KTP, Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran. Pihak Disdukcapil akan menjangkau anak-anak Kota Bandung dengan menggunakan 6 mobil keliling untuk melayani warga yang akan mendaftarkan anaknya.

"Atau warga bisa datang langsung ke kantor kami. Karena KIA ini tidak dilayani di kewilayahan," tandasnya.




(avn/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com